images

okezone.com

Hutami Windiarti

Member Since 10/03/2015

Melihat Sejarah Manusia Purba di Sangiran

Kamis, 31 2015
Melihat Sejarah Manusia Purba di Sangiran
Mengunjungi tempat ini membuat saya seolah kembali ke masa lalu, saat manusia purba pertama kali muncul. Jika berkunjung ke Solo, mampirlah ke Situs Purbakala Sangiran yang terletak di Kabupaten Sragen atau  berjarak sekitar 17 KM dari Solo.

Museum Purbakala Sangiran menyimpan berbagai fosil dan penemuan barang arkeolog dari jaman purba yang ditemukan di sekitar Sangiran. Meski hanya dalam bentuk replika, museum ini tetap membuat turis terkagum-kagum. Fosil yang asli sendiri disimpan di Museum Geologi Bandung dan Laboratorium Paleoantropologi UGM, Yogyakarta. Tiket masuk ke museum ini adalah Rp5 ribu, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan Rp11.500.

Masuk ke dalam museum, wisatawan dimanjakan dengan berbagai replika manusia purba. Fasilitas seperti audio visual pun diberikan agar pengunjung bisa mendengar sejarah singkat mengenai manusia purba. Disediakan pula teleskop bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam di sekitar museum. Ada juga tempat menginap, ruang bermain bagi keluarga dan taman bunga cantik yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Berbagai fosil yang bisa kita lihat di Museum Purbakala Sangiran yaitu Pithecantropus Erectus, Pithecanthropus Mojokertensis, Meganthropus Paleojavanicus, Homo Soloensis, Homo Sapiens, dan fosil binatang purba.

Menurut saya sendiri, tempat ini bisa jadi pilihan liburan sekaligus memberikan pelajaran bagi anak-anak tentang kehidupan di jaman purba.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login