images

okezone.com

Nell Syukur

Member Since 04/01/2016

Makan Diatas Jam 7 Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Kamis, 7 Januari 2016

Bagi sobat yang sering makan di malam hari di atas pukul 7 malam mungkin memiliki rasa khawatir kebiasaannya akan membuatnya gemuk. Atau, sobat yang sekarang ini sedang kelebihan berat badan banyak yang menuding itu karena sering makan di malam hari. Benarkah makan malam di atas jam 7 malam membuat gemuk? Berikut ini penulis ulas fakta di balik makan malam:


Makan diatas jam 7 malam bikin gemuk, Mitos atau Fakta?

Banyak yang beranggapan makan malam di atas jam 7 membuat tubuh menjadi gemuk. Pendapat ini banyak muncul karena pada saat tidur dianggap tubuh tidak beraktifitas sehingga tidak perlu membakar kalori. Faktanya adalah bahkan saat tidur metabolisme tubuh tetap aktif, tubuh tetap membakar kalori (walaupun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan saat beraktifitas di siang hari). Bukan makan malamnya yang membuat tubuh kita menjadi gemuk, tetapi masalahnya ada pada berapa banyak asupan kalori dan berapa banyak kalori yang terbakar selama satu hari penuh. Melewatkan jam makan malam karena alasan mitos ini justru akan mengganggu sistem metabolisme tubuh dan membuat tubuh seakan-akan ingin membalas dendam dengan makan lebih banyak di keesokan harinya. Tidak perduli jam berapa sobat makan, sisa kalori akan tetap disimpan dalam bentuk lemak. Jadi, yang harus lebih diperhatikan adalah menjaga keseimbangan antara kalori yang keluar dengan yang masuk.


Tips makan malam aman ala dibagiin:

Berikut ini ada beberapa tips bagi sobat yang ingin makan malam di atas jam 7 malam agar berat badan tetap stabil:

1. Atur porsi makan

Seperti dijelaskan di atas bahwa saat malam tubuh tetap membakar kalori walau jumlahnya tidak sebanyak saat beraktifitas di siang hari. Itu sebabnya tubuh tidak memerlukan banyak asupan energi. Sobat perlu mengatur porsi makan agar tidak terjadi kelebihan kalori.


2. Pilih makanan berserat, hindari daging merah

Makanan berserat sangat cepat dicerna oleh tubuh. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan-makanan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari. Sobat perlu menghindari daging merah seperti olahan daging sapi, kambing dan lainnya karena jenis makanan tersebut sulit dicerna tubuh dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Hindari atau atur porsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, pasta, kentang dan lainnya.


3. Hindari gorengan dan kafein

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memiliki kandungan lemak dan kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan makanan yang dikukus atau dipanggang. Untuk menghindari timbunan lemak, sebaiknya sobat mengganti cemilan gorengan di malam hari dengan cemilan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Kafein juga sebaiknya dihindari sebelum tidur karena selain dapat membuat sulit tidur, kafein juga dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan. Sebaiknya sobat ganti kafein dengan susu rendah lemak atau teh hangat.


4. Banyak minum

Ada beberapa orang yang menterjemahkan rasa haus dengan lapar. Mereka merasa lapar padahal sebenarnya hanya haus. Jadi saat sobat merasa lapar di malam hari cobalah untuk minum dua gelas air putih dulu sebelum berniat mencari cemilan. Masalah minum ini ada juga yang meyakini kalau minum air es bisa bikin gemuk. Silahkan sobat klik untuk mengetahui fakta sebenarnya.


5. Berolahraga di pagi hari

Untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dan yang keluar, sobat bisa melakukannya dengan berolahraga di pagi harinya. 


Untuk informasi menarik lainnya, sobat bisa baca dibagiin

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Livit Kitchen

    Livit Kitchen

    8 April 2017 at 22:56:PM

    Kebetulan baru membahas dan menulis ini diblog, semoga bisa menjadi salah satu refrensi untuk pemahamah akan boleh atau tidak makan dimalam hari saat ingin menurunkan berat badan http://livitcatering.com/apakah-makan-malam-membuat-berat-badan-bertambah/