images

okezone.com

ezytravel

Jl. K.H. Samanhudi No. 22 C Pasar Baru, Sawah Besar - Jakarta Pusat, Indonesia 10710
Member Since 23/05/2016

5 Tips Asyik Buka PUasa saat Traveling

Selasa, 7 Juni 2016
5 Tips Asyik Buka PUasa saat Traveling

Waktu bulan Ramadhan, badan akan menjadi lebih lemas dikarenakan harus tahan haus dan lapar, tapi tidak berarti kalian tidak mampu melakukan traveling. Tentu ada sebagian hal yang harus disesuaikan agar perjalanan tetap berjalan lancar selama puasa Ramadhan, terutama aktivitas buka puasa yang pasti kalian tunggu-tunggu. Meskipun sedang traveling, baik itu sendiri maupun beramai-ramai, kalian masih dapat berbuka puasa yang menyenangkan seperti saat bersama keluarga di rumah, kok. Berikut kiat buka puasa saat jalan-jalan yang asyik untuk kamu ketahui:


1. MERENCANAKAN TEMPAT BUKA PUASA JIKA INGIN KE LUAR

tips buka puasa saat traveling

Saat traveling pada bulan Ramadhan, kalian mau buka puasa di mana? Apabila niat untuk berbuka puasa di luar, rencanakan tempatnya dulu. Jangan sampai kamu masih kebingungan memilih tempat makan hingga dekat waktu berbuka puasa. Tidak hanya telat, bisa-bisa kalian tidak akan mendapatkan tempat duduk karena seluruh seat telah terisi penuh. Usahakan agar kalian memiliki beberapa rekomendasi dan hadir di tempat pilihan kalian sejak satu jam sebelum berbuka puasa. Lalu, jangan langsung meninggalkan tempat tersebut setelah seusai makan. Biarlah kamu rehat sejenak agar mampu melanjutkan perjalanan atau balik ke tempat penginapan dengan kondisi nyaman.

2. MENCARI TAHU LOKASI MASJID TERDEKAT

tips buka puasa saat traveling

Masih pusing mau berbuka puasa di mana saat traveling? Masjid jadi pilihan yang paling aman. Tentunya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu tempat masjid di kota destinasi jalan-jalan kamu, mengenang bahwa tidak semua negara memiliki banyak masjid seperti Indonesia. Sebelum pergi traveling, kalian dapat menentukan tempat penginapan yang paling dekat dengan masjid tertentu agar mudah jika hendak berbuka puasa. Umumnya, pihak masjid akan memberikan takjil gratis, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang dan bingung menentukan menu berbuka puasa. Setelahnya, kalian pun bisa langsung mengikuti ibadah salat Maghrib berjamaah.

3. IKUT ACARA BUKA BERSAMA

tips buka puasa saat traveling

Masjid tidaklah satu-satunya tempat yang dapat kalian tuju untuk mengikuti acara buka puasa bersama. Tips satu ini cocok sekali bagi kalian yang kebetulan memiliki teman beragama Islam di kota destinasi traveling. Kalian dapat join dengan acara berbuka puasa bersama yang biasanya rutin diadakan oleh komunitas-komunitas muslim di sana. Serunya, kalian bisa mencicipi kuliner lokal yang disajikan oleh mereka. Sambil menunggu saat berbuka, kalian mempunyai kesempatan untuk menjalin persahabatan dengan masyarakat lokal yang juga sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kalian bisa berbagi cerita tentang pengalaman berpuasa di negara masing-masing. Cukup mengasyikkan, bukan?

4. SELALU SEDIA MAKANAN KETIKA TRAVELING

tips buka puasa saat traveling

Ketidakpastian adalah salah satu hal paling pasti dalam lingkungan traveling. Tidak ada yang dapat menduga bagaimana perjalanan kalian akan berlangsung, berapa lama waktu yang akan kalian gunakan untuk menuju suatu tempat, dan lain sebagainya. Ketika traveling sambil berpuasa Ramadan, tentu kalian telah mencatat waktu buka puasa, bukan? Namun, tidak ada yang dapat memastikan bahwa kalian akan tiba di tempat tujuan pada waktu tersebut. Karenanya, selalu siapkan makanan di dalam tas agar kalian dapat segera berbuka puasa ketika adzan Maghrib berkumandang. Makanan ringan seperti biskuit atau chocolate bar dapat menjadi menu yang tepat agar nantinya perut kalian masih sanggup menampung makanan utama.

5. PERGI KE PUNTA ARENAS

tips buka puasa saat traveling

Punta Arenas adalah nama ibu kota di wilayah Chile bagian selatan. Bila kamu ingin melakukan traveling di saat bulan puasa tapi takut batal di tengah jalan, Punta Arenas ialah tempat yang tepat. Kota satu ini memiliki jam waktu berpuasa paling cepat apabila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di dunia, yakni kurang lebih selama 9 jam 43 menit. Apabila di Indonesia, waktu tersebut sama dengan subuh sampai ashar. Nah, jika merasa bahwa Punta Arenas terlalu jauh, kamu bisa belok ke Sydney, Australia, yang punya waktu puasa Ramadan sewaktu 11 jam 24 menit. Setidaknya lebih cepat dari Indonesia, bukan? Tetapi, jangan sekalipun coba untuk puasa di Reykjavik, Iceland, karena waktu puasa di sana bisa mencapai 22 jam!

Sebelum berangkat jalan-jalan waktu puasa, tentunya kamu sudah paham dengan segala risiko yang akan dijalani. Jadi, tidak usah mengeluh dan nikmati saja semua perjalanan semasa traveling nanti. Traveling masih akan terasa menyenangkan meskipun kamu sedang menjalankan puasa Ramadhan, tetapi jangan sampai menunda berbuka puasa karena terlalu asyik berkelana, ya.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login