images

okezone.com

Personal Growth

Perkantoran Aries Niaga Jl. Taman Aries Niaga Blok A1/1B Jakarta Barat 11620
Member Since 29/02/2016

Pengusaha Muda Indonesia

Senin, 29 Agustus 2016
Pengusaha Muda Indonesia

Setahun yang lalu, saya bertemu dengan seorang lelaki muda usia 25 tahun dalam sebuah acara untuk muda mudi yang ingin sukses menjadi pengusaha. Saya menjadi satu-satunya pembicara dengan profesi psikolog yang diminta untuk membahas dari sisi psikologi. Sementara ia menjadi salah satu narasumber pengusaha muda. Tampilannya sangat sederhana dan rapi, menggunakan kemeja dan celana panjang bahan hitam. Tampilannya tenang dan tidak banyak bicara. Namun ketika ia mulai menceritakan kisahnya sebagai seorang pengusaha muda, ada sebuah passion yang tampak jelas terlihat dari matanya yang berbinar. Selain itu pemikirannya juga tajam berisi, langsung pada inti, terstruktur dan sistematis, serta mudah dipahami dan diterapkan.

Singkat cerita tentang pengusaha muda ini, ia sudah memulai beragam bisnis sejak usia 17 tahun, ketika itu ia masih bersekolah di SMA. Berbagai bisnis yang dijalankannya ketika itu antara lain: makanan, MLM, asuransi, agent property, saham, sepatu, tas, dan batik. Usia 19 tahun ia berkuliah di Prasetiya Mulya jurusan bisnis dan menyelesaikan studinya pada usia 23 tahun. Selama masa kuliah, ia sudah menjalankan bisnis tas dry denim yang terus berkembang hingga saat ini. Usianya ketika itu 21 tahun.  Pada tahun 2013, di usianya ke 23 tahun, ia mendapatkan penghargaan sebagai top 15 pengusaha muda (GSEA Global Student Enterpreneur Award) di Indonesia dari total 130 pendaftar. Pada tahun yang sama, ia juga menjadi juara 1 nasional Indonesia wira usaha mandiri kategori mahasiswa bidang kreatif yang diadakan oleh Bank Mandiri.

Sosok pengusaha muda sukses ini membuat saya tertarik untuk mempelajari bagaimana ia dapat sukses. Sebelumnya Personal Growth melakukan survey kecil terhadap 10 orang karyawan usia dewasa muda di Jakarta, untuk mendapatkan secuil gambaran mengenai pendapat mereka tentang hal-hal yang menjadi penentu kesuksesan seseorang. Hasilnya, kesuksesan seseorang dapat ditentukan dari beberapa hal berikut ini:

  • Tujuan yang jelas
  • Langkah-langkah konkret
  • Kemampuan
  • Keyakinan diri yang kuat
  • Kerja keras & usaha yang terbaik
  • Komitmen
  • Konsistensi & Ketekunan
  • Pantang menyerah: menjadi motivator untuk diri sendiri
  • Solusi: Kreatif
  • Belajar
  • Sikap yang baik: tidak sombong, terbuka terhadap masukan
Hal yang sama saya tanyakan kepada sosok pemuda ini, diawali dengan pertanyaan apakah menurutnya ia sudah sukses saat ini?. Dengan rendah hati ia mengatakan belum jauh dari belum saya malah berpikir saya masih memulai dan masih pemula sekali, banyak yang saya belum bisa dan saya lihat orang-orang sangat luar biasa lho.. mereka bisa ini itu, saya cuma bisa melihat dan bengong haha. Sebuah sikap tidak sombong dan mau belajar jelas ada di dalam dirinya. Sikap inilah yang menurut saya mendorongnya untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan. Saat ini saja ia sedang mengambil kuliah lagi, S1 STIAMI Depok jurusan perpajakan.

Menjadi lebih menarik lagi ketika membicarakan definisi sukses bagi dirinya. Ia mengatakan sukses adalah proses untuknya yang dimulai dari usia 17 tahun hingga 50 tahun, memberikan yang paling optimal dari dirinya. Optimal untuknya adalah dengan melibatkan sumber daya: apa yang ada di sekitarnya dan apa yang ia punya. Baginya, bila sampai usia 50 tahun, ia sudah optimalkan, itulah sukses. Kemauan untuk menang adalah kekuatan besar. Melihat(lah) dari proses karena kita mau menang, tapi hasil nanti saja. Jangan sampai saat waktunya tiba ktia menyesal, kenapa kemarin tidak optimal. Sukses untuknya juga berarti  menerima semua keadaan yang terjadi di umur tersebut (50 tahun) dan bersyukur. Motonya adalah "Winning isn't everything, but wanting to win is".

Menerima dan bersyukur, hasil bukanlah segalanya melainkan menjalankan proses dengan se-optimal mungkin adalah inti dari kesuksesan versi pemuda ini. Menarik karena ada sesuatu hal yang lain dari hasil survey kecil Personal Growth. Seringkali orang melupakan atau tidak menganggap menerima dan bersyukur sebagai sikap yang turut menentukan kesuksesan seseorang. Ada yang menganggap bahwa dengan menerima, seseorang akan berhenti untuk berusaha lebih baik. Saya rasa ini sangat bergantung pada pemahaman dan pemaknaan dari kata-kata menerima itu sendiri.

Bagi pengusaha muda ini, sikap menerima dan bersyukur memiliki nilai penting untuk mengurangi kekecewaan dan penyesalan yang dapat berdampak buruk bagi diri seseorang. Dalam bahasan psikologi, tanpa ada penerimaan dan bersyukur, kesejahteraan psikologis seseorang rentan terganggu. Hal ini ditandai dengan perasaan terus menerus tidak puas, kecewa, menyesal, tidak dapat menghargai apa yang sudah ada dan dimillikinya. Sehingga seberapa pun hasil yang sudah dicapai, ia tidak mampu melihatnya sebagai sebuah keberhasilan dan menghargai apa yang sudah dilakukan serta dicapainya.

Pemuda ini jelas memiliki sikap dan nilai-nilai yang baik di dalam dirinya yang mampu mendukungnya untuk sukses. Sikap dan nilai-nilai ini tidak tumbuh dengan sendirinya. Dalam psikologi, sikap dan nilai pada diri seseorang terbentuk dari interaksi antara faktor internal dalam dirinya dengan faktor eksternal di luar dirinya. Untuk pemuda ini, ia mengasihi kedua orangtunya. Orangtua adalah sosok yang berperan penting dalam hidupnya, yang menanamkan nilai religius di dalam dirinya, yang mengajarkannya untuk mengasihi, menjadi pribadi yang mandiri, dewasa dan matang. Orangtuanya adalah pengusaha material bahan bangunan, ia mengaku banyak belajar dari kedua orangtuanya mengenai bisnis. Motivasinya yang terbesar adalah keinginannya untuk dapat mandiri dan cepat matang hingga dapat membantu orangtuanya dan beraktivitas bersama orangtuanya. Satu bukti lagi yang menguatkan, tidak peduli seberapapun umur orangtua dan seberapapun umur anak, orangtua berperan penting dalam kesuksesan hidup seorang anak.

Dua ekor binatang yang juga menjadi sumber motivasinya adalah semut dan kuda. Ia kagum dengan semut karena disiplin, sistematis, terstruktur, kuat, taat, dan yang paling utama adalah karena semut tidak malas dan antisipatif dengan menyediakan makanan untuk musim dingin. Kuda karena dengan tenaga dan stamina kuat, ia bergerak berlari terus. Ia suka melihat kedua binatang ini karena mampu memotivasinya untuk Just do it, just move. Hal ini mengingatkan kembali bahwa sebenarnya inspirasi tidak harus didapatkan dari hal-hal yang besar, inspirasi dapat datang dari hal-hal kecil sederhana yang terjadi di sekitar kita. Kita hanya perlu sedikit lebih peka untuk dapat melihatnya.

Pengusaha muda ini adalah David Yuwono. Lahir di Jakarta, 28 November 1990. Anak bungsu dari dua bersaudara. Berikut adalah kutipan tips darinya:

Saya akan berkata dan melihat semua nya menjadi benar, asal kamu tidak menganggu orang lain, merugikan orang lain, semua yang kamu lakukan dengan passion dan fokus pasti berguna buat orang lain. Karena kalau bicara nilai setiap manusia punya nilai dan variabel yang berbeda-beda. Tetapi manusia sebenarnya membutuhkan semua nilai nilai itu, seperti agama, budaya, sosial pertemanan, uang, hobi, keluarga, olahraga, politik, dll setiap manusia punya titik beratnya atau (hal yang menjadi) concern-nya. Jadi intinya adalah follow your passion and dreams but "perhatikan sekitar mu dan jadilah bijak" karena ada kalanya semua mimpi dan keinginan kita akan hilang dan sirna karena ada faktor eksternal yang menghadang dan itu lah yang saya sebut dengan Tangan Tuhan memproses hidup kita. Kita boleh ingin semua nya tetapi Tuhan yang mengarahkan hidup kita karena bukan keinginan kita yang (ter)jadi tapi keinginan Dia :) kalau saya si dulu nya mau jadi dokter tetapi faktor eksternal membuat saya menjadi pembisnis. Dan saya percaya Tuhan itu baik.

Oleh:

Veronica Adesla, M.Psi., Psikolog.

Psychologist of Personal Growth

www.personalgrowth.co.id

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login