images

okezone.com

iman fatah

Member Since 10/11/2016

Indonesia Keren! Inilah Beberapa Kerajinan Tangan Indonesia yang Terkenal sampai Mancanegara

Kamis, 29 2016
Indonesia Keren! Inilah Beberapa Kerajinan Tangan Indonesia yang Terkenal sampai Mancanegara
Sebagaimana kita sudah ketahui Negara Kita Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kekayaan alamnya. Sungai, gunung hamparan sawah menghijau adalah sebuah bukti akan kayanya Negara ini. 

Tidak hanya kaya akan Sumber daya alamnya. Indonesia juga terkenal akan kekayaan budaya dan juga kerajinan tangan hasil penduduknya. Aneka kreasi masyarakat Indonesia sudah banyak diterima oleh masyarakat dalam maupun luar negri. 

Hal itupula menjadi bukti akan kreatifitas yang tak bisa terbantahkan lagi. Kita mengenal kerajinan tangan batik, kemudian seni ukir kayu jepara, Kerajinan Tasikmalaya dan juga yang paling terkenal di mata masyarakat luar negeri adalah kerajinan pahat patung bali.

Ah masih banyak lagi kerajinan tangan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Sudah seharusnya kita bangga akan anugerah yang telah dianugerahkan tuhan ini.

Dan berikut mari sedikit Kita mengulas tentang berbagai kerajinan tangan khas daerah yang sudah terkenal di mata dunia sebagai ciri khas dari Negara Indonesia.

1.Kerajinan batik

Kerajian tangan kain batik dibuat dengan cara melukis dengan menggunakan alat berupa canting dan kuas diatas kain dengan bahan lilin yang telah sebelumnya dipanaskan. Hasil proses membatik tersebut dinamakan dengan batik tulis.

2. Kerajinan ukir

Kerajinan ukir meliputi seni ukir kayu dan seni ukir logam. Daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, di antaranya adalah Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra.

Kerajinan ukir logam ini terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan.
Proses pembuatan kerajinan logam dengan menggunakan teknik cetak atau cor, tempa, toreh, dan penyepuhan. Daerah penghasil kerajinan logam di Nusantara antara lain adalah Yogyakarta dan Jawa Tengah

3. Kerajinan anyaman

Kerajinan anyaman banyak kita jumpai, baik berupa benda pakai ataupun benda hias. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis. 

Bahan-bahan alami yang dipakai, antara lain adalahbambu, rotan, daun mendong, dan janur. Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain plastik, pita, dan kertas. Daerah penghasil kerajinan anyaman, antara lain Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, dan Tangerang.

4. Kerajinan topeng

Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang dapat digunakan sebagai keperluan perlengkapan hiasan dan tari. Kerajinan topeng biasanya dibuat dari bahan kayu. Adapun daerah penghasil kerajinan topeng di Nusantara, yaitu Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah mempunyai ciri khas topeng yang berbeda.

5. Kerajinan tenun

Tenun merupakan hasil kerajinan daerah yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Daerah Kerajinan tenun banyak terdapat di Kalimantan, Minangkabau, Sumatra Utara, NTB, NTT Lampung, Flores, Sulawesi, dan Palembang. Motif yang dibuat pun tidak sama di setiap daerah. 
Berbagai corak tenun dari Palembang, antara lain mawar Jepang, cantik manis, bintang berantai, nago
besaung, dan bunga cino.

Ada dua jenis tenun, yaitu tenun ikat dan lainnya yaitu tenun songket.
Keduanya berbeda dalam teknik dan bahan yang digunakan. Berbeda dengan tenun ikat, pada songket mendapat tambahan benang emas yang diletakkan dengan menggunakan teknik tusuk dan cukit.

6. Kerajinan wayang
Wayang termasuk budaya asli Indonesia, yang ceritanya berasal dari budaya Hindu India. Wayang dibuat untuk seni pementasan sekaligus sebagai hiasan. 
Terdapatbeberapa jenis wayang terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari bahan baku kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu. Tempat penghasil kerajinan wayang , di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Surakarta.

7. Kerajinan keramik

Keramik termasuk hasil karya seni kerajinan tangan yang bahan dasarnya dari tanah. Hasil kerajinan keramik sangat beragam, seperti vas bunga, guci, mangkuk, cangkir, dan lain-lain. Adapun daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di Indonesia, di antaranya yaitu Kasongan (Yogyakarta), Sompok, dan Mayong (Jepara).

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login