images

okezone.com

Kania

Member Since 09/12/2016

Sebelum Memilih Meja Komputer, Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini

Selasa, 3 Januari 2017
Sebelum Memilih Meja Komputer, Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini

Zaman sekarang khususnya bagi pekerja dan pelajar, komputer bukan lagi suatu barang mewah. Kini bagi kalangan tersebut, komputer sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Di samping itu, selain perangat dasar komputer, biasanya hardware pendukung seperti mesin scanner, printer, dan sound system juga ditambahkan.

Untuk menyimpan dan meletakkan perangkat tersebut, Anda tentu memerlukan ruangan dan meja komputer. Varian desain meja komputer saat ini jauh lebih banyak dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tren meja komputer yang kini diminati adalah dengan desain yang minimalis. Desain minimalis yang menonjolkan sisi fungsionalitasnya dapat mengurangi kesan penuh yang ditimbulkan dari perangkat komputer yang cenderung berukuran besar.

Anda dapat membeli meja komputer secara online, di berbagai toko furnitur atau bisa juga menggunakan jasa pihak yang menyediakan layanan membuat furnitur secara custom. Keuntungan menggunakan layanan custom adalah Anda dapat merancang sendiri desainnya sesuai dengan keinginan, termasuk bahan dan warna yang akan digunakan.

Sebelum memutuskan untuk mendapatkan meja koputer, baik membeli jadi atau membuat sendiri, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.

  1. Sesuaikan Fungsionalitas Sesuai Kebutuhan

Tidak sedikit orang yang menggunakan meja komputer sekaligus untuk meja bekerja atau belajar. Karena itu, permukaan meja yang agak luas akan dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja. Selain itu, pertimbangkan juga kemungkinan meletakkan barang-barang lain seperti kalender duduk, pencil box, dan hiasan-hiasan kecil lainnya yang biasa diletakkan di meja untuk memperindah (biasanya untuk pengguna perempuan).

Selain itu, jika Anda biasa bekerja dengan berbagai dokumen dan butuh menyimpannya, pilih meja komputer yang juga dilengkapi dengan rak penyimpanan. Menumpuk dokumen di atas meja tentu akan membuat pandangan tidak nyaman serta mengganggu keleluasaan Anda dalam bekerja di atas meja. Terlebih lagi  jika Anda juga menggunakan printer, sound system, dan perangkat pendukung lainnya, sebaiknya Anda memang menyediakan rak-rak khusus untuk menempatkannya.

  1. Pilih Meja Komputer yang Tidak Terlalu Tinggi atau Rendah

Hal ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan kesehatan Anda. Jika posisi meja terlalu tinggi atau rendah tentu tulang punggung Anda akan lebih mudah terasa pegal, termasuk tangan dan juga tubuh bagian bawah. Pilihlan meja komputer yang sesuai dengan prinsip ergonomis.

  1. Perhatikan Ukuran dan Tata Letak

Pastikan Anda sudah memiliki gambaran tempat akan meletakkan meja komputer. Dengan demikian Anda tentu dapat mengira ukuran meja yang sekiranya pas diletakkan di sana. Jika ukuran ruangan yang tidak terlalu luas, pilih saja model minimalis yang tidak terlalu menghabiskan banyak tempat. Sesuaikan juga posisinya, apakah berada di sudut ruangan, tengah ruangan, atau yang lainnya. Hal tersebut akan mendukung tingkat kenyamanan Anda dalam bekerja nantinya.

  1. Harga

Biasanya untuk merek furnitur yang sudah terkenal, harga yang harus Anda keluarkan untuk membeli meja bermerek tersebut cukup tinggi. Di samping merek, desain dan bahan juga turut memengaruhi nominal harga.

Bijaklah dalam memilih, seimbangkan antara kebutuhan dan kemampuan. Jangan pula terburu-buru dalam memutuskan. Semakin banyak Anda menemukan referensi, semakin banyak pula pilihan yang dapat Anda pilih.

Selain empat hal di atas, untuk mempercantik interior, Anda dapat menyesuaikan meja komputer dengan konsep atau nuansa ruangan. Bahan atau material meja, warna, dan bentuk dapat Anda jadikan pertimbangan untuk semakin menambah kenyamanan dalam bekerja atau belajar. Anda dapat menyimak tips berikut ini untuk mempercantik ruangan Anda. Semoga Anda dapat memilih meja komputer yang tepat untuk rumah Anda.


Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login