images

okezone.com

Jirman Zabdan

Jl. Raya Pegiringan Bantarbolang Pemalang
Member Since 07/01/2017

Dengan Segala Keterbatasan, Komunitas Sepak Bola Dirikan Pusat Pelatihan Sepakbola untuk Anak-Anak Desa

Rabu, 11 Januari 2017
Dengan Segala Keterbatasan, Komunitas Sepak Bola Dirikan Pusat Pelatihan Sepakbola untuk Anak-Anak Desa

Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang populer di dunia saat ini. Tua maupun muda serta anak anak hampir semua menyukai permainan sepak bola. Banyak tim tim besar yang menjadi kiblat dari permainan sepak bola salah satu diantaranya adalah club raksasa real madrid. Tidak hanya di kota- kota maupun di negara besar, bahkan negara kecil pun banyak club yang mendunia.
PERSEPA adalah persatuan Sepak Bola Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang yang dulu pada masa jayanya menjadi salah satu tim yang cukup dikenal di Kabupaten Pemalang. Kini nama besar PERSEPA dilanjutkan oleh club muda Desa Pegiringan, yaitu PSPM. PSPM Fc adalah nama yang di pilih oleh anak anak muda pecinta sepak bola yang ada di Desa Pegiringan, untuk menjadikan suatu nama kebesaran nama club sepak bola Desa Pegiringan. Sampai saat ini PSPM tetap eksis dengan pemain-pemain mudanya mengikuti berbagai turnamen di tingkat lokal maupun wilayah Jawa Tengah.

Seiring waktu berjalan para pemuda yang tergabung di PSPM Desa Pegiringan mempunyai dasar pemikiran untuk menjadikan PSPM fc menjadi wadah untuk mendidik bakal bakal pemain dari usia dini. Mulai U-15 sampai U-20, sekolah sepak bola dibawah naungan PSPM ini diberi nama SSB Sidodadi, sesuai dengan nama lapangan kebanggaan Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, yaitu lapangan Sidodadi.  Salah satu tujuan didirikannya SSB Sidodadi ini adalah sebagai wadah pembinaan bakat bagi pemuda, mengingat di Desa Pegiringan dan sekitarnya banyak usia dini yang memiliki potensi dan kemampuan yang baik untuk bermain sepak bola jika saja ada yang mendampingi dan membimbing, selain itu itu SSB Sidodadi juga untuk membentengi anak-anak agar terhindar dari pergaulan, narkoba dan sejenisnya.

Menurut Hadiyanto salah satu pengurus SSB Sidodadi melalui pesan Whatsapp mengatakan, meski dengan sarana dan prasarana yang kurang kami bertekad untuk memajukan sepak bola yang ada di Pegiringan. MOTTO SSB Sidodadi adalah Kegagalan Satu Jembatan Untuk Menuju Kesuksesan adapun Visi SSB Sidodadi yaitu Menjadikan pusat pembinaan dan pelatihan peserta SSB yang moralis, intelektual, professional dan kooperatif yang mendukung dan mempelopori tegaknya nilai-nilai kebenaran dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Sasaran yang di kembangkan Sekolah Sepak Bola Sidodadi in adalah memberikan pelatihan sepak bola bagi anak-anak usia 12, 15 dan 19 tahun yang ada di Desa Pegiringan khusus nya dan Kabupaten Pemalang pada umumnya. Saat ini hampir 20 peserta telah bergabung di SSB Sidodadi. Untuk Jadwal latihan SSB Sidodadi adalah pada hari Senin, Rabu dan Sabtu mulai jam 15.30 sampai dengan selesai, setiap peserta yang bergabung di SSB Sidodadi tidak dipungut biaya, semua dilaksananakan secara gratis dan sukarela.

Saat ini tenaga pelatih Sekolah Sepak Bola Sidodadi dilatih oleh Waryono, yang saat ini menjadi salah satu pengurus aktif PSSI di Kabupaten Pemalang yang merupakan putra asli Pegiringan. Dengan segala keterbatasan program-program latihan terus dijalankan Bersama pengurus SSB Sidodadi lainnya. Pengurus SSB Sidodadi berharap adanya dukungan masyarakat dan pihak-pihak terkait, agar sarana prasarana yang saat ini masih kurang secara bertahap bisa dilengkapi, mengingat terbatasnya kemampuan pengurus dalam melengkapi kebutuhan dana, sarana dan prasarana. Semoga SSB Sidodadi akan terus berjalan dan bisa menjadi bagian dari pemberdayaan pemuda di Desa.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login