images

okezone.com

Kania

Member Since 09/12/2016

Tips Memilih Lampu Gantung untuk Rumahmu

Senin, 23 Januari 2017
Tips Memilih Lampu Gantung untuk Rumahmu

Lampu telah menjadi kebutuhan dasar setiap rumah tangga. Lampu memiliki fungsi untuk menerangi ruangan di dalam dan luar rumah. Di Indonesia, lampu tempel lebih sering digunakan, dibandingkan lampu gantung.

Sementara itu, di luar negeri lampu gantung menjadi pilihan untuk dipakai, terutama di dalam ruangan. Mereka menyenangi bentuknya yang unik. Jadi, dobel fungsinya. Selain berfungsi sebagai alat penerang, lampu juga dapat mempercantik ruangan. Beberapa ruangan yang cukup sering dipasangi lampu gantung adalah ruang tamu atau ruang makan.

Nah, kamu tertarik untuk memasang lampu gantung di salah satu ruangan di rumah? Berikut ini sekilas mengenai lampu dan tips memilih lampu gantung. Yuk, silakan simak baik-baik.

  • Jenis Lampu untuk Peralatan Rumah

Setidaknya ada 3 jenis lampu listrik yang dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, yaitu:

  1. Lampu LED

Lampu jenis paling baru ini memiliki nama sesuai sebutan dalam bahasa Inggrisnya, yaitu Light Emitting Diode (LED). Jenis lampu ini mendapatkan sumber cahaya dari komponen elektronik LED. LED sendiri adalah dioda yang cahayanya terpancar secara monokromatik, saat diberi aliran tenaga elektrik (tegangan maju).

Dari ketiga jenis lampu listrik, lampu LED adalah lampu paling mahal, karena daya tahannya sampai 25.000 jam. Jadi, sekitar 2,5 kali lipat daya tahan lampu flourescent atau 25 kali lipat daya tahan lampu pijar.

  1. Lampu Pijar

Lampu jenis ini adalah lampu yang paling banyak dipakai di Indonesia. Incandescent lamp atau lampu pijar dapat menghasilkan cahaya ketika kawat filamen di dalam bola kaca terpanaskan. Kawat filamen ini sengaja diisi dengan gas khusus seperti argon, hidrogen, kripton, dan nitrogen.

Ada beragam lampu pijar sesuai tegangan listriknya, yaitu 1,5 V sampai 300 V (Volt). Jenis lampu ini dapat bekerja pada 2 tipe tegangan seperti arus DC dan AC. Lampu pijar dapat bertahan lama sekitar 1.000 jam dan membutuhkan energi listrik lebih banyak, dibandingkan jenis lampu lain. Jika pernah mendengar tentang lampu halogen, lampu ini termasuk ke dalam jenis lampu pijar.

  1. Lampu Lucutan Gas

Gas-Discharged Lamp atau lampu lucutan gas ini termasuk lampu listrik yang cara kerjanya unik. Jadi, lampu ini mengirimkan lucutan elektris dari gas yang terionisasi sehingga menghasilkan cahaya. Selain menggunakan gas mulia seperti argon, kripton, neon, dan xenon, jenis lampu ini juga menggunakan halida logam, merkuri, dan natrium sebagai bahan tambahan.

Lampu lucutan gas ini memiliki banyak jenis, seperti lampu neon, lampu flourescent, lampu mercury vapor, dan lampu xenon arc. Jenis lampu yang paling sering digunakan di rumah adalah lampu flourescent, dengan daya tahan 10.000 jam, atau 10 kali lipat lebih lama dibandingkan daya tahan lampu pijar. Lampu ini pun lebih hemat daripada lampu pijar.   

  • Ragam Lampu Gantung dan Harganya

Nah, sekarang saatnya untuk mengenali lampu gantung dan aneka ragamnya. Kamu dapat menaruh lampu gantung di beberapa ruangan di rumah, seperti ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga. Ketiga ruang tersebut adalah ruangan yang umum untuk memasang lampu gantung.

Lampu gantung adalah jenis lampu yang desainnya menjulang dari atas ke bawah, sering kali dirancang dengan bentuk yang unik, cantik, dan mewah. Tidak heran apabila lampu gantung lebih sering menghiasi ruang tamu daripada ruang lainnya di dalam rumah.

Berikut ini beberapa kriteria lampu gantung yang cocok untuk kamu pasang di berbagai ruang di dalam rumah, mulai dari ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, hingga teras.

  • Lampu gantung untuk ruang tamu

Lampu yang digantung di ruang tamu biasanya memiliki ciri-ciri tertentu, seperti hiasannya megah, ukurannya besar, atau desainnya menarik. Wajar saja demikian, lampu gantung untuk ruang tamu memang dibuat sebagai aksesoris atau pajangan di ruangan tersebut. Maka semakin unik dan indah bentuknya, semakin banyak yang menginginkan lampu gantung itu untuk menghias ruang tamu.

  • Lampu gantung untuk ruang makan atau ruang keluarga

Lampu yang digantung di ruang makan atau ruang keluarga memiliki fungsi lebih sederhana. Lampu yang dipilih adalah lampu yang cahayanya memancarkan kehangatan, sesuai dengan tema ruangan itu sendiri. Maka lampu gantung untuk dua ruangan ini tidak terlalu mencolok bentuk dan desainnya, tapi unik dan indah dipandang.

  • Lampu gantung untuk dapur

Lampu gantung untuk dapurtempat mempersiapkan makanan dan membuat kudapan untuk keluarganya initidak terlalu mencolok seperti lampu gantung untuk ruang tamu. Bahkan, di Indonesia jenis lampu ini tidak terlalu populer untuk dipilih dan digantung di dapur. Jika tertarik, pilih lampu gantung berukuran sedang dan desain unik.

  • Lampu gantung untuk teras

Lampu gantung untuk dipasang di teras sama seperti lampu gantung dapur. Ukurannya biasanya kecil dan tidak terlalu mencolok desainnya. Di luar negeri, banyak penghuni rumah sengaja memilih lampu gantung untuk dipasang di teras, karena desain yang unik. Nah, kamu juga bisa memasang lampu gantung di teras, atau di balkon, terutama kalau kamu sendiri suka menghabiskan waktu di teras tersebut, untuk membaca buku, menikmati secangkir kopi, atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

  • Tips Memilih Lampu Gantung untuk Rumah Kamu

Jadi, kamu sudah memutuskan untuk membeli lampu gantung, tetapi masih bingung mau memilih seperti apa yang cocok untuk menerangi sekaligus mempermanis ruangan? Simak tips memilih lampu gantung berikut ini ya.

  1. Pastikan di ruang apa lampu gantung itu akan kamu pasang

Sebelum membeli lampu gantung, tentukan dulu ruangan mana yang akan dipasangi lampu tersebut. Apakah di ruang tamu, ruang keluarga, atau di teras? Setiap ruangan memiliki kegunaan dan nuansa masing-masing. Nah, setelah menentukan ruangan mana yang akan dipasangi lampu gantung, kamu bisa pilih lampu yang cocok untuk ruangan itu.

  1. Pilih lampu gantung dengan desain sesuai estetika ruang tersebut

Setiap ruangan memiliki estetika berbeda. Kamu harus pandai memperhatikan estetika suatu ruangan sebelum memilih lampu gantung. Jika tidak, ruangan itu akan terlihat suram dan menjadi kurang hidup.

  1. Pilih lampu gantung dengan jenis lampu hemat listrik dan tahan lama

Sebaiknya kamu memilih lampu gantung dengan jenis lampu yang hemat listrik dan tahan lama. Contohnya seperti lampu LED. Meski harganya mahal, tetapi kualitasnya telah teruji. Jadi, kamu tidak akan repot-repot sering mengganti lampu. Selain menjadi boros, hal itu juga akan memakan tenaga dan waktu.

  1. Pilih lampu gantung yang ukurannya cocok dengan ketinggian langit-langit rumah

Perhatikan ketinggian langit-langit rumah. Usahakan pilih lampu gantung yang sesuai ukurannya. Apabila langit-langitnya tinggi, pilih lampu yang memanjang ke bawah. Jika langit-langitnya sedang, pilih lampu gantung yang desainnya melebar ke samping, bukan memanjang ke bawah. Perkirakan, apakah ketinggian lampu gantung itu sudah sesuai dengan ruangan, jadi lampu gantung bisa bertengger dengan manis dan cantik.

Semoga tips tadi bermanfaat, ya. Selamat memilih lampu gantung.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login