images

okezone.com

Wira Wijaya

Member Since 07/02/2017

Puasa Sunnah Menyambut Pernikahan

Kamis, 16 February 2017
Puasa Sunnah Menyambut Pernikahan Menikaha adalah bentuk penyaluran naluri bagi manusia. Islam sebagai agama yang luhur juga menganjurkan bagi ummatnya dan pemeluknya untuk menikah. Bahkan hal ini merupakan bagian dari sunnah atau jalan hidup dari Rasulullah Muhammad SAW.

Namun diakui atau tidak, orang dewasa yang sudah punya keinginan untuk menikah biasanya banyak tersednat hanya karena persoalan biaya untuk pesta, maskawin, mahar dan memikirkan bagaimana untuk menghidupi anak istrinya sedangkan ia belum mempunyai pekerjaan yang tetap, misalnya.

Maka dalam hal ini Islam punya solusi bagi seorang pemuda atau pemudi yang ingin menikah namun belum mempunyai kesiapan yang memadai. Sahabat, lakukanlah puasa sunnah sebelum menikah. Adapun puasa sebelum menikah yang bisa anda lakukan diantaranya:

1. Puasa Senin Kamis
Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang bisa anda lakukan saat ada dorongan menikah namun anda belum mampu untuk itu.

Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa yang sering dan disenangi dilakukan oleh Rasulullah SAW. Karena pada hari senin dan kamis merupakan hari dilaporkannya amal ibadah manusia oleh para malaikat, maka rasul SAW menyenangi berpuasa pada saat itu.

2. Puasa Dawud
Puasa dawud adalah puasa yang dilakukan oleh nabi Dawud yakni sehari berpuasa kemudian sehari lagi tidak berpuasa. Ini merupakan puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan disaat ingin mendekatkan diri kepada Allah agar segala keinginan dan kebutuhan seorang hamba bisa dikabulkan oleh Allah.

3. Puasa Pertengahan Bulan
Puasa 3 hari di pertengahan bulan hijriyah merupakan salah satu dari sekian banyak puasa sunnah byang dianjurkan dalam Islam.

Puasa ini bisa anda amalkan disaat muncul hasrat untuk menikah namun karena belum mampu, maka nafsu itu ditekan dengan puasa. Di dalam puasa diajarkan tentang kesabaran dan kemampuan untuk menahan godaan sebagai bagian dari hikmah puasa itu sendiri.

Nah, sahabat demikianlah uraian 3 macam puasa yang bisa anda lakukan sebelum menikah. Catatan bahwa tidak ada puasa khusus dalam Islam disaat seseorang ingin mempersiapkan pernikahan. Puasa yang dilakukan oleh para bujang tidak lain maksudnya untuk menahan hawa nafsunya agar mudah dikendalikan.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login