images

okezone.com

hilman septian

Member Since 01/03/2017

Pengendara Bisa Menolak Jika Ditilang

Kamis, 2 Maret 2017
Pengendara Bisa Menolak Jika Ditilang Selama tiga minggu ke depan, polisi bakal melakukan razia besar-besaran di seluruh wilayah. Lewat Operasi Simpatik 2017 yang dimulai sejak Rabu (1/3) kemarin polisi akan menggeledah kelengkapan surat pengendara kendaraan bermotor. Namun, selama 21 hari ke depan, pengendara bisa menolak jika ada polisi yang nekat menilang.

Konsep Operasi Simpatik 2017 ini berbeda dengan razia-razia sebelumnya ini, petugas kepolisian tidak diperbolehkan melakukan penindakan (tilang) kepada pengguna kendaraan bermotor. Khusus di operasi di jalan raya. Pengendara pun bisa menolak jika terjadi penilangan oleh polisi.

Sesuai dengan sandinya, operasi ini lebih mengedepankan tindakan persuasif, sehingga para pelanggar tidak akan dijatuhi sanksi tilang (bukti pelanggaran). Pelanggar hanya akan diberi teguran.

Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri Kombes Benjamin mengatakan, Operasi Simpatik 2017 ini dibuat agar masyarakat lebih simpati kepada polisi.

Jadi, kalau sepanjang 21 hari itu ada pelanggar, polisi boleh menjatuhkan tilang, tapi jangan dalam Operasi Simpatik, ungkap Benjamin.

Sebab, operasi simpatik menekankan pada penegakan secara persuasif ketimbang penegakan hukum.

KBO Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota Ipda Budi Surahman mengatakan, baru melakukan Operasi Simpatik, Kamis (2/1) hari ini. Ini tertunda karena kedatangan Raja Salman. Yah memang setiap tahun kita melaksakan operasi ini, cuma kita sedikit telat karena sebelumnya kita telah melakukan pengamanan terkait kedatangan Raja Salman, ujarnya kepada Metropolitan.

Dalam operasi tersebut pihaknya akan menyebar beberapa anggota ke sejumlah wilayah di Kota Bogor. Dalam operasi ini pihaknya lebih menekankan agar masyarakat patuh dalam peraturan yang ada, sehingga lebih mengingatkan kepada masyarakat tentang peraturan dalam mengemudikan kendaraannya. Memang kita akan melakukan teguran kepada masyarakat yang melanggaran aturan ringan, tetapi jika pelanggarannya berat makan kita akan tilang, terangnya.

Operasi Simpatik yang digelar ini, menurut Budi, dilakukan sebelum pihaknya menggelar Operasi Patuh pada (14 /05) mendatang. Dan dalam Operasi Patuh tersebut pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada pengendara yang melakukan kesalahan. Kalau simpatik ini kita masih memberikan toleransi, tetapi tetap jika ada pelanggaran yang kasat mata akan kita tilang dan jika Operasi Patuhnya sekecil apapun pelanggaran akan kita tindak, paparnya.

Permasalahan yang ada di Kota Bogor sendiri, menurut Budi, masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan keselamatan dirinya sendiri. Hal tersebut terbukti dengan banyak masyarakat yang masih melanggar seperti tidak menggunakan helm, tidak membawa surat-surat, serta bentuk pelanggaran lainnya. Masih banyak di Kota Bogor yang seperti itu, makanya perlu kami ingatkan dengan Operasi Simpatik ini, katanya.

Hal senada dengan Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menjelasksan, Operasi Simpatik ini memang kegiatan rutin yang dilakukan pihak kepolisian. Hal tersebut bertujan meningkatkan kesadaran masyarakat. Sehingga ke depanya akan lebih sadar jika menggunakan kendaraannya di jalanan. Dengan begitu dapat menekan angka kecelakaan di Kota Bogor, karena pasca Operasi Simpatik tersebut masyarakat menjadi lebih tertib, jelasnya.

Ia juga menjelaskan dalam operasi ini nanti akan dilaksanakan setiap polsek yang ada di Polres Bogor, sehingga tidak hanya satu wilayah yang tertib tetapi seluruh masyarakat di Kabupaten Bogor tertib dalam berlalu lintas. Petugas yang di wilayah juga nantinya sama akan menggelar operasi dan merata dilakukan di Kabupaten Bogor, ungkapnya.

Pengamat kepolisian Neta S Pane mengatakan, cara-cara simpatik akan lebih menarik simpati masyarakat pada polri ketimbang mengedepankan tindakan hukum.

Jika masyarakat sudah simpati, akan sangat mudah bagi polri untuk menggugah kesadaran masyarakat, tandasnya. (mam/c/feb/dit)

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Syeh

    Syeh

    3 March 2017 at 11:41:AM

    Masabodoh...ah.