images

okezone.com

iin Suwandi

Member Since 27/09/2016

Komitmen TNI AD Tentang Perbatasan

Jum'at, 21 April 2017

Komitmen TNI AD Masalah perbatasan yang ada di seluruh Indonesia masih belum ditangani sesuai dengan harapan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain batas negara yang belum selesai dengan negara lain, diantaranya kurangnya infrastruktur wilayah perbatasan. Masih  terdapatnya kesenjangan sosial dan ekonomi dengan negara tetangga lain dan masih sering adanya  pelanggaran di wilayah perbatasan.

Persoalan ketertinggalan secara ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat perbatasan, dipicu oleh minimnya infrastruktur dan aksesibilitas yang tidak memadai, seperti jaringan jalan dan angkutan perhubungan darat maupun sungai masih sangat terbatas, prasarana dan sarana komunikasi seperti pemancar atau transmisi radio dan televisi relatif minim, ketersediaan sarana dasar sosial dan ekonomi, seperti pusat kesehatan masyarakat, sekolah, dan pasar juga sangat terbatas.

Kondisi keterbatasan tersebut akan semakin nyata dirasakan oleh masyarakat perbatasan ketika mereka membandingkan dengan kondisi pembangunan di negara tetangga misalnya. Memperhatikan masih belum optimalnya pengelolaan dan mekanisme pengorganisasian terhadap wilayah perbatasan, maka TNI AD sebagai bagian integral dari TNI dikenal memiliki dua tugas pokok yakni tugas operasi militer perang dan operasi militer selain perang, telah mengoptimalkan kemampuannya untuk menjamin keamanan wilayah perbatasan darat yurisdiksi Indonesia.

Di masa damai, dimana ancaman militer asing kecil kemungkinannya, justru peran TNI dalam operasi militer selain perang lebih menonjol dan mengemuka, yakni dalam rangka menjaga stabilitas nasional dan tugas kemanusiaan (civic mission), termasuk di wilayah perbatasan. TNI AD sesuai tugas pokoknya terus membangun profesionalisme dalam rangka menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara di wilayah daratan.

Oleh karena itu, kita berbangga melihat  komitmen TNI AD terhadap kedaulatan negara dan perbatasan yurisdiksi Indonesia adalah final, bahwa seluruh wilayah NKRI adalah harga mati yang akan dipertaruhkan dengan segala kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya.

TNI sebagai bagian dari unsur negara yang dilibatkan dalam mewujudkan pembangunan di tanah air, sudah seharusnya ikut menyejahterakan rakyat Indonesia. Kehadiran pasukan TNI di sejumlah daerah, khususnya daerah perbatasan diharapkan bisa membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebagai anak kandung rakyat, sudah sepatutnya TNI ikut merasakan denyut nadinya rakyat, ikut membantu kesulitan yang dihadapi rakyat. Bantuan dan uluran tangan semua pihak, termasuk TNI AD, tentunya sangat berarti bagi rakyat.

TNI AD tetap berkomitmen untuk senantiasa membantu berbagai kesulitan yang sedang dihadapi rakyat, melalui kegiatan teritorial. Sebab, faktor rakyat dalam membangun stabilitas negara atau pertahanan negara, sudah terbukti keampuhannya sepanjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dengan kata lain, dalam membangun pertahanan negara, perlu melibatkan kekuatan nasional yang berbasiskan pada kesadaran kolektif segenap elemen bangsa Indonesia, sehingga jaminan terwujudnya stabilitas keamanan nasional pun dapat lebih ditingkatkan dari waktu ke waktu. Bahkan ke depan, kepedulian terhadap wilayah-wilayah perbatasan darat akan semakin diprioritaskan, sebab stabilitas wilayah perbatasan darat merupakan salah satu bagian terpenting dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login