images

okezone.com

Anita

Member Since 25/03/2017

Resep Diet Golongan Darah A

Senin, 24 April 2017
Diet golongan darah belakangan ini digandrungi banyak masyarakat di Indonesia, khususnya di wilayah perkotaan. Masyarakat modern sudah mulai menyadari masalah kesehatan, terutama mengenai obesitas dan berat badan, sehingga banyak jenis-jenis diet yang bermunculan, dan salah satunya adalah diet golongan darah.

Diet golongan darah adalah jenis diet yang menyarankan orang untuk makan makanan tertentu berdasarkan jenis darah mereka: A, B, O, atau AB. penggagas diet golongan darah yaitu Peter D'Adamo, seorang dokter naturopati. Dia meyakini bahwa karakteristik golongan darah memengaruhi sistem pencernaan. Teori yang mendasari adalah tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin adalah sejenis protein.

Untuk golongan darah A, disarankan untuk menjalani pola makan bebas daging. Konsumsi utama yang disarankan adalah sayur, buah, kacang, dan biji-bijian. Dalam diet golongan darah A disarankan memilih olahraga yang menenangkan, seperti golf atau yoga.

Resep Makanan Untuk Diet Golongan Darah A - Untuk orang yang memiliki golongan darah A biasanya mempunyai pembawaan yang amat bagus pada karakter yang dimilikinya. Jenis orang menurut golongan darah A rata-rata mempunyai karakter ulet, kreatif serta sensitif. Ulet di sini disimpulkan sebagai ulet saat menghadapi beragam problem, sebagian bahan makanan tersebut dinilai amatlah pas bagi orang yang sedang melakukan diet sehat golongan darah.

3 Kategori Makanan Pada Saat Diet Golongan Darah A

Tiga kategori makanan dalam diet golongan darah adalah bermanfaat, netral, dan harus dihindari, diantaranya :

Makanan Bermanfaat untuk Diet Golongan Darah A

Ikan sardine, ikan mas, ikan salmon.
Susu kedelai/kacang, kacang buncis, kacang tanah, Tahu Tempe
Bluebbery, sitrun & jeruk limau, pisang, mangga, kiwi, melon, anggur, lemon, cherry, blackberry dan jus nanas.
Wortel, brokoli, dan bayam
Nasi, Oatmeal, Sereal Gandum dan juga Roti soya
Minyak Zaitun

Makanan yang Netral saat Diet Golongan Darah A

Roti gandum, Jagung, Talas
Kacang ercis / kapri
Ikan tuna
Biji wijen, Biji bunga matahari
Labu
Bawang merah
Telur ayam, Telur puyuh
Mentimun, Anggur (semua jenis) Blewah, Pir, Delima, Kurma, Strowberi, Kesemek, Jambu biji

Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Golongan Darah A

Air soda, susu sapi, santan/kelapa, susu murni serta es krim.
Cumi-cumi, udang, kepiting, gurita, kodok, belut serta lobster.
Jeruk, acar, pepaya, pisang raja.
Daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, kelinci, angsa serta sapi.
Pare, mentega, kentang, keju, ubi, tomat serta terung.

Resiko Diet Golongan Darah A

Diet berdasarkan golongan darah sebaiknya lebih diwaspadai jika diterapkan oleh penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan penyakit ginjal. Perlu diingat bahwa cara diet ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, namun hanya berdasarkan satu faktor, yaitu golongan darah. Pola makan ini juga tidak mempertimbangkan jika seseorang menderita kondisi kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Hingga kini belum ada penelitian yang berhasil membuktikan diet ini dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan atau membuat tubuh lebih berenergi. dan Tidak ada penelitian ilmiah independen yang menanggung atas klaim bahwa diet golongan darah memiliki pengaruh. Juga Terkadang tidak mudah untuk membatasi kategori makanan, dan sebagian besar ahli gizi tidak merekomendasikan hal ini.

Penurunan berat badan dengan diet golongan darah ini kemungkinan  terjadi karena pelakunya mengurangi konsumsi makanan kurang sehat seperti yang siap saji dan yang mengandung banyak gula. Ini berarti keberhasilan menurunkan berat badan bukan berdasarkan golongan darah tapi pilihan makanan.

Diet golongan darah dengan pembatasan jenis makanan berisiko membuat seseorang mengalami kondisi akibat kekurangan nutrisi.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login