images

okezone.com

iin Suwandi

Member Since 27/09/2016

WISATA MILITER BENTUK KARAKTER BANGSA

Jum'at, 5 Mei 2017

Wisata militer dengan pelbagai permainan anak-anak merupakan pembentukan karakter pribadi anak  sehingga cinta tanah air bukan dengan cara latihan militer, melainkan melalui penanaman nilai-nilai kebangsaan. Usia anak-anak adalah usia dimana rasa ingin tahu segala hal. Maka kita sebagai orang tua perlu untuk mengarahkannya pada kegiatan positif. Seperti dunia militer, anak-anak sangat menyukainya. Kegiatan tersebut dipelopori oleh Tentara yang dikemas dengan nama Wisata Militer bertempat di Yonif Mekanis 412/Kostrad,   dengan berbagai  kegiatan Outbond, sehingga anak-anak dapat bermain sesuka hati. 

                Pada kesempatan ini anak-anak yang tergabung dalam murid-murid TK Al-Barokah mengikuti kegiatan Wisata Militer bertempat di Lapangan Mayonif Mekanis 412/Kostrad di Desa Wareng, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada medio  April 2017 yang lalu. Kegiatan Wisata Militer ini diikuti oleh 19 murid dan tiga guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan keberanian, kemandirian dan kepercayaan diri pada anak. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa terbentuknya karakter anak-anak karena adanya rangsangan untuk berbuat secara mandiri dan keberanian  serta  kepercayaan diri ini adalah merupakan bagian dari kemampuan hidup (Life Skill). Dengan keberanian, kemandirian dan kepercayaan diri yang mereka miliki dapat menjadikan seorang menjadi pribadi yang kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Mengacu pada program nasional pemerintah 'Revolusi Mental' sebagai pembentukan karakter manusia Indonesia yang berbudaya, berbudi dan berwawasan kebangsaan. 

Pada kegiatan tersebut anak-anak yang ikut dalam wisata militer terlihat sangat antusias mengikuti permainan seperti memasuki lorong, ban gantung, merayap dibawah rintangan tali, melintas jembatan gantung, naik simulasi helikopter serta naik kendaraan tempur. Anak-anak tampak ceria dan gembira, demikian juga guru-guru yang mendampinginya. Ikut larut gembira dalam serunya kegiatan. 

Yang tak kalah serunya dalam wisata militer tersebut para pendamping sangat termotivasi dengan kegiatan tersebut. Sebutlah salah seorang gurunya yang dipanggil oleh muridnya Ibu Retna Bintari. Mereka mengungkapkan bahwa dengan kegiatan tersebut mereka terasa terbantu oleh wisata militer yang dibuat oleh bapak TNI. Ucapan banyak terima kasih kepada Yonif 412/Kostrad yang telah mendukung kegiatan wisata militer bagi murid TK Al-Barokah. Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan media untuk membentuk karakter anak yang lebih memiliki keberanian dan kemandirian serta kreatifitas. 

             Oleh karena itu dalam kegiatan wisata militer yang digagas oleh pihak TNI, kita perlu apresiasi dan mendorong lagi untuk menggiatkan kegiatan tersebut di berbagai tempat di seluruh wilayah NKRI. Sebab kegiatan wisata militer jelas dapat menumbuhkan keberanian, kemandirian dan kepercayaan diri pada anak harus dilatih sejak dini. Sebab wisata militer merupakan wujud untuk membentuk karakter positif bagi generasi muda harapan bangsa.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login