images

okezone.com

iin Suwandi

Member Since 27/09/2016

MENGAWAL NEGERI DENGAN KEMANUNGGALAN

Selasa, 9 Mei 2017

Satuan Komando Kewilayahan dalam penyelenggaraan Binter (Pembinaan Teritorial), selain untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat dengan terlibat langsung dalam pembangunan sarana fisik (jalan, sarana ibadah, fasilatas umum dan lain-lain), juga melalui kegiatan non fisik dalam rangka membangun ketahanan masyarakat yang bertujuan agar masyarakat memiliki jiwa yang tangguh dan keuletan dalam menghadapi setiap kondisi maupun pengaruh negatif yang berkembang di wilayah, serta tidak mudah terhasut atau terprovokasi oleh keadaan lingkungannya.

Pertimbangan mendasarnya adalah bahwa pengaruh globalisasi, serta lingkungan strategis yang begitu dinamis berdampak pada segala lini kehidupan, hal tersebut dimungkinkan oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadikan seakan-akan dunia dalam genggaman dan batas wilayah suatu negara menjadi begitu absurd. Berita dan informasi dapat diterima kapan saja dan dimana saja, bahkan hampir tiada delay yang berarti.

Menyadari hal tersebut maka kepekaan, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menangkal potensi ancaman adalah yang sangat berperan dalam membentuk ketahanan masyarakat di wilayah masing-masing. Melalui Binter masyarakatlah komponen yang sangat diharapkan akan dapat menjadi kekuatan yang tangguh dalam rangka menangkal setiap ancaman dari manapun datangnya. Dalam kaitannya dengan premis di atas, maka langkah-langkah implementatif melalui Binter yang dapat dilakukan.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kepentingan nasional dilakukan dengan mengedepankan pendekatan keamanan (dalam arti luas) dan kesejahteraan, yang berjalan seiring dan saling melengkapi satu sama lain. Sementara itu, dari kaca pandang pertahanan negara, Binter dapat dipandang sebagai tipe ideal, karena secara simultan juga memadukan dua pendekatan (keamanan dan kesejahteraan) sekaligus yang demikian serasi, seimbang dan proporsional. Dengan demikian antara krida TNI disatu sisi dan krida masyarakat/pemerintah pada sisi yang lain, benar-benar terakomodasikan dalam mekanisme KISS Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Simplifikasi yang semakin melembaga dan membudaya.

Mencermati uraian di atas, sungguh demikian mulianya tujuan dan sasaran yang hendak dicapai Binter. Untuk itu sudah saatnya segenap elemen masyarakat dalam wadah kebersamaan dan kemanunggalan yang kokoh siap untuk mendukung suksesnya setiap kegiatan dan program Binter, sehingga berbagai permasalahan kewilayahan/ kemasyarakatan dapat segera kita atasi bersama secara tepat, cermat dan bertanggung jawab demi tetap tegak-kokohnya NKRI tercinta. Dengan Binter, TNI-Rakyat Manunggal Mengawal Kedaulatan Negeri!! 

Oleh karenanya dalam mengembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta wawasan nasional kepada masyarakat, melalui pendataan potensi sumber daya manusia; Sosialisasi tentang pembinaan wilayah; serta Penataran dan pelatihan belanegara. Untuk dapat menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan tidak rentan menghadapi ancaman dan pengaruh dari luar, maka sudah tepatlah peran Binter yang diterapkan Kowil melalui metode-metode binter yang ada, karena memang sasaran akhir Binter terhadap masyarakat adalah menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI AD.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login