images

okezone.com

Udinus Corner

Jalan Nakula 1 No 5 - 11
Member Since 19/08/2015

Creanovation Awards 2017 Udinus, Hadirkan Inovasi Terkini

Selasa, 9 Mei 2017
Creanovation Awards 2017 Udinus, Hadirkan Inovasi Terkini

Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses menggelar Creanovation Awards 2017 di gedung E lantai 3 hari ini (6/5).

Creanovation Awards merupakan ajang pencarian  kreatifitas dan daya inovasi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang diadakan oleh Udinus tiap tahun. Di tahun ke-4 ini FT Udinus mengangkat tema "Be Creative, Be Inovative, Be Smart". Ajang tingkat nasional tersebut diikuti oleh puluhan tim yang kemudian diseleksi untuk di ambil 35 tim terbaik.  Usai dilakukan penjurian 13 Maret lalu, 35 tim kami umumkan menjadi finalis pada tanggal 19 Maret, jelas Gutama Indra Gandha M. Eng ketua panitia acara tersebut. Tim terpilih diundang ke Udinus  membawa prototipe atau produk karyanya untuk mempresentasikannya dihadapan tiga dewan juri. Ketiga penilai tersebut ialah Rindra Yusianto, MT , Godham Eko Saputro, S.Sn., M.DS dan Supriyono Asfawi SE., M.Kes. Adapun kriteria penilaian adalah orisinalitas dan kebaruan ide, argumentasi yang diajukan, keterkaitan materi dengan tema, komposisi tulisan, dan estetika penulisan

Lomba dibagi ke dalam beberapa kategori yakni produk olahan makanan, perkakas atau alat bantu, game atau penalaran, green technology dan lain-lain. Masing-masing kategori akan dipilih 3 pemenang dan tim terbaik berkesempatan membawa pulang piala rektor. Nantinya akan ada pembinaan lanjutan untuk tim-tim terbaik yang memiliki produk inovatif.  Kalau siswanya melanjutkan ke Udinus, gagasan atau produk yang dihasilkan dari Creanova bisa kami bimbing menjadi PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) supaya bisa masuk ke Pimnas, tambah Gutama.

Dari tahun ke tahun peminat Creanovation Awards selalu meningkat. Tercatat peserta di Grand final kali ini berasal dari beberapa pulau seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatra dan Jawa. Dihadapan puluhan finalis dari SMA sederajat, rektor Udinus mengarahkan peserta terjun ke dunia wirausaha dengan inovasi produk dan kreatifitas yang dihasilkan dalam ajang tersebut. Wirausaha itu nafasnya kreatifitas dan inovasi. Indonesia adalah negara yang sangat berpeluang dalam wirausaha perkembangan teknologi ujar Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko M.Kom.

Di akhir acara terpilihlah peserta dari SMKN 2 Semarang sebagai juara 1 dengan karya Water Oven New Innovation (WONT). Juara 2 diraih oleh SMA Muhammadiyah 1 Babat dengan karya Coco Partition Floor. Sedangkan juara 3 diraih oleh SMA Nusantara Gresik dengan karya G-Slug. Masing-masing peserta mendapatkan piala, sertifikat, uang pembinaan, dan potongan uang gedung dari Udinus. 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login