images

okezone.com

Rosse Hutapea

Member Since 25/04/2016

Business Talk Show 2017: Creative Economy Membutuhkan Prinsip 3C

Selasa, 16 Mei 2017
Business Talk Show 2017: Creative Economy Membutuhkan Prinsip 3C

Business Talk Show 2017, yang digelar mahasiswa Business School UPH,menghadirkan Stephen Setiawan, Owner dari The Bunker Board Game Caf, Gading Serpong yang mengingatkan dalam membangun bisnis kreatif harus memiliki prinsip 3C yaitu Concept, Context, dan Content. Talkshow ini berlangsung pad 7 April 2017 di Gedung D 502 UPH Karawaci.

Stephen menyatakan dalam membangun suatu bisnis baru perlu memiliki pondasi kuat dan dasar ide.

saya selalu menggunakan prinsip 3C Concept, Contect, dan content. Berawal dari keprihatinan dimana ketika satu keluarga berkumpul, atau ketika kita bersama teman-teman kita tetap asik dan sibuk sendiri. Waktu kebersamaan tetap menjadi waktu individual. Mereka asik dengan gadget atau lainnya. Jadi saya berpikir bagaimana memberikan media agar mereka dapat mengerjakan semuanya di satu tempat. Bermain, bekerja, berkumpul, dan makan. Kami ingin mereka bisa bersama-sama bermain, salah satunya dengan board game atau permainan papan yang bisa dimainkan dalam jumlah orang banyak. Inilah yang disediakan The Bunker, jelas Stephen.

Dasar keprihatinan dan idenya menjadi pondasi kuatnya sebagai konsep dia membangun caf. Stephen menegaskan agar setiap orang yang ingin membangun bisnis kreatif harus mampu mengorbankan banyak waktu dan uang kalian untuk memikirkan konsep, jangan langsung eksekusi demi ingin mencari keuntungan cepat. Setelah kuat pondasi konsep maka pikirkan konteks dari bisnis ini. Apakah realistis, sesuai dengan gaya hidup, dan kondisi di tempat kalian berada. Setelah itu, terakahir rincikan konten yang dibutuhkan dan detailnya. Apa saja kebutuhannya, dan item lain yang mendukung bisnis kalian. Dari situ akan menyesuaikan, dan serahkan kepada Tuhan.

Selain itu, Stephen juga menekankan bisnis tidak bisa hanya mengandalkan insting. Namun butuh kemampuan analisis. Baginya ketika bisnis berjalan, penting untuk selalu mengumpulkan data, fakta, dan menganalisisnya untuk menentukan bagaimana bisnis berjalan selanjutnya.

The Bunker Board Game Caf merupakan caf yang berlokasi di Gading Serpong dengan suasana yang nyaman, dan memiliki fasilitas permainan papan yang beragam untuk dimainkan bersama-sama. Untuk mendukung kelancaran bermain, biasanya aka nada master game yang menerangkan cara bermain dan memandu di awal bagi pengunjung yang baru. Tidak hanya bermain, The Bunker Caf juga menyediakan makanan dan miniman untuk menemani waktu bermain para pengunjung.

Menjalankan bisnis yang  bergerak di bidang Food and Beverages sekaligus permainan, tentunya Stephen membutuhkan banyak tenaga kerja. Stephen mengaku ia banyak memiliki pekerja part-time dari beragam universitas di sekitar Tangerang, salah satunya UPH.

Temen-temen part time saya banyak yang dari UPH, dan menurut saya anak-anak UPH itu very smart. Kalian memiliki kekuatan, akses yang luas, kalian memiliki media dan company partner, eksplor itu. Jangan malas dan hanya mengandalkan kemampuan orangtua, jadilah mandiri. Kalian sudah punya sumber daya, akses, dan network. Just do the best saja, pesan Stephen.

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login