images

okezone.com

Member Since 19/03/2016

Fazrian Noor

Member Since 19/03/2016

Mengasah Kreatifitas Melalui Inovasi Smartphone Meizu

Selasa, 16 Mei 2017
Mengasah Kreatifitas Melalui Inovasi Smartphone Meizu Ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, keberadaan telepon pintar (smartphone) sudah tidak dapat dipungkiri menjadi main tool yang wajib dimiliki. Jika tidak, resiko ketertinggalan segala hal menjadi ancamannya. Misalnya, tugas kuliah yang diberikan dosen. Rata-rata hampir diseluruh kampus tidak ada yang tidak memanfaatkan smartphone sebagai penunjang pembelajaran. Hampir setiap mata kuliah yang saya ambil, dosen menyarankan untuk mengirimkan tugas melalui email atau aplikasi lain. Ketimbang buka tutup laptop hanya untuk kirim email, smartphone biasanya menjadi alternatif pilihan yang digemari saat ini untuk mengirimkan tugas-tugas kuliah. 

Namun terkadang, ditengah maraknya produsen smartphone dengan penawaran dan fitur yang kian bersaing saat ini, tidak jarang membuat kita bingung dan kewalahan untuk memilih. Belum lagi, bagi mahasiswa yang mungkin memiliki budget tertentu dan terbatas, biasanya kian urung dan berkecil hati untuk memiliki smartphone. Alih-alih ingin membeli dan memiliki smartphone, namun ternyata sudah tersingkirkan seketika ketika mengetahui harga smartphonenya mahal.

Salah satu smartphone dari sekian banyak smartphone yang sedang happening saat ini yaitu Meizu. Ya, beberapa teman saya yang berasal dari jurusan Teknik Informatika memang menyarankan dan mengakui keterjangkauan smartphone Meizu didukung dengan fitur yang tidak kalah dengan smartphone-smartphone lainnya. Dilansir dari laman meizu.com, produk smartphone yang didirikan tahun 2003 di Zhuhai, China ini, berfokus pada pengembangan smartphone yang inovatif dan user friendly bagi konsumen dengan karakteristik desain yang ringan dan nyaman, layar lebar nan unik, kualitas suara yang premium, kamera dengan definisi yang tinggi, serta baterai yang tahan lama.  

Melihat fokus pengembangan yang diusung yaitu inovatif dan user friendly, saya menilai bahwa smartphone Meizu bisa menjadi smartphone alternatif bagi mahasiswa yang siap berinovasi. Tentu, inovasi smartphone tersebut didukung dengan nalar kreatifitas kita upaya memanfaatkannya, seperti dengan memanfaatkan layar lebar dan nyaman juga desain yang ringan, smartphone ini cocok digunakan bagi mahasiswa yang mengikuti ataupun berlatih menjadi seorang jurnalis media online. Sudah tahu kan jurnalis kerjanya seperti apa? Mengupdate berita secara akurat dan kredibel dan menuangkannya melalui smartphone Meizu bisa membuat luasa jari-jemari untuk mengetik. Pun jika membutuhkan gambar pendukung bagi berita tersebut tidak perlu repot-repot mengeluarkan kamera lain. Cukup memanfaatkan fitur kamera smartphone Meizu yang sudah berdefinisi tinggi. Takut baterai habis saat sedang wawancara dengan narasumber? Jangan khawatir, smartphone Meizu memiliki baterai yang cukup lama untuk digunakan. So, kita not to worry kalau ditengah wawancara bakal ada pemberitahuan low battery. 

Satu lagi, inovasi smartphone Meizu yang jika didukung dengan kreatifitas yang kita punya yaitu bisa digunakan untuk recording. Suara indah dan merdu rasanya sayang kalau tidak dilatih dan disebarkan ke khalayak. Potensi dan kreatifitas suara yang dimiliki terkadang tersendat oleh hal-hal spele seperti tidak adanya piranti pendukung. Belum lagi bagi rekan-rekan yang memang hobi ngecover lagu dan dipost di Youtube, nampaknya sayang kalau tidak didukung dengan piranti pendukung yang ciamik. Ya, dengan kriteria khas yang dimiliki Meizu yaitu kualitas suara yang premium, bisa menjadi pendukung untuk mengasah kreatifitas suara kita. Suara indah didukung dengan piranti yang inovatif akan menghasilkan suatu kolaborasi yang ciamik. Mengcover lagu tidak lagi khawatir suara merdu kita terkalahkan atau bahkan teredam hanya karena piranti yang kita gunakan tidak mendukung.

Masih meragukan? Mari kita lihat fokus selanjutnya yaitu user friendly. 
Penilaian saya, user friendly yang dimaksud disini yaitu pengguna tidak hanya dibebankan bagaimana cara menggunakan smartphone tersebut saja, melainkan bagaimana pengguna menghabiskan atau memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia tersebut. Tentu, hal ini senada dengan fokus inovatif tadi yang saling mendukung satu sama lain dalam penggunaannya guna menghasilkan pengguna yang intuitif. 

Melihat hal juga beberapa inovasi kreatif diatas, nampaknya sesuai jika Meizu menjadi salah satu smartphone alternatif seorang mahasiswa. Namun yang terpenting bagi saya yaitu, jika seberapa canggih fitur juga inovasi yang diberikan oleh smartphone tersebut namun diri kitanya tidak kreatif dan tidak mampu memanfaatkannya, ya yang salah kita-kita juga, bukan? Salah siapa kita tidak memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Namun jika kita pandai memanfaatkan fitur yang ada didukung dengan kreatifitas yang kita punya, tentu akan menjadi suatu kolaborasi yang sangat luar biasa. 


Fazrian Noor Romadhon
081 546 858 540 (WhatsApp)  
#meizugoestocampus

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Adi

    Adi

    17 May 2017 at 21:24:PM

    Setuju. Inovasi sebuah smartphone jika didukung dengan kreatifitas kita, maka akan menghasilkan suatu hal yang luar biasa.

  • Permana

    Permana

    18 May 2017 at 10:48:AM

    yups, kecanggihan dari sebuah teknologi dapat membantu kita menjadi lebih kreatif :) termasuk MEIZU

  • Adi

    Adi

    22 May 2017 at 10:44:AM

    Betul sekali, Mas.