images

okezone.com

Member Since 02/06/2017

Tulisan Lainnya

Ade PutraUtama

Member Since 02/06/2017

BERAWAL DARI TANAMAN PAGAR MENJADI ALTERNATIF OBAT BAGI PENDERITA DIABETES

Jum'at, 2 Juni 2017
BERAWAL DARI TANAMAN PAGAR MENJADI ALTERNATIF OBAT BAGI PENDERITA DIABETES Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan satu ini. Tumbuhan yang bisasanya digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman pagar ternyata memiliki potensi yang luar biasa dalam mengobati dan mencegah penyakit degenaratif tersebut. Ya, tumbuhan Dandang Gendis namanya. Tumbuhan perdu tahunan dengan tinggi lebih kurang 2,5 meter, tegak, beruas, dan berwarna hijau.

Ide pemanfaatan tumbuhan tersebut sebagai obat diabetes ini berasal dari mahasiswa Fakultas Farmasi USU. Mereka adalah Ahmad Belqoulli, Ade Putra Utama, Khoirul Bakri, serta Muhamad Hafas Haikal. Mahasiwa tersebut berhasil mengembangkan tablet tumbuhan dandang gendis ini yang mengandung senyawa aktif metabolit sekunder berupa flavonoid, terpenoid, dan sebagainya yang mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Serta, kandungan antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan jaringan yang disebabkan besarnya kadar gula yang tedapat dalam tubuh.

Berlatar belakang semakin meningkatnya penderita diabetes dari tahun ke tahun dan indonesia menempati peringkat ke 7 pada tahun 1995 dan akan naik menjadi peringkat ke-5 pada tahun 2025 dengan perkiraan jumlah penderita sebanyak  12,4 juta jiwa (Kemenkes RI, 2014).

Maka dari itu, ahmad dan ketiga temannya berinisiatif meneliti lebih mendalam potensi keanekargaman hayati yang dimiliki indonesia dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes tersebut dan salah satunya tumbuhan dandang gendis ini.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login