images

okezone.com

Meishiana Tirtana

Member Since 02/11/2015

Komitmen TC UPH Untuk Daerah Terpencil Indonesia

Selasa, 6 Juni 2017
Komitmen TC UPH Untuk Daerah Terpencil Indonesia

Teachers College Universitas Pelita Harapan telah melantik sebanyak 191 guru untuk diutus mengajar di seluruh Indonesia, termasuk juga daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia seperti di pegunungan Papua. Selain 191 guru dari Teachers College, UPH juga melantik 12 lulusan International Teachers College yang berasal dari berbagai negara. Selama 10 tahun, TC-UPH telah berhasil meluluskan guru sebanyak 1,297 guru. Sedangkan untuk program ITC yang baru dimulai tahun 2014, tahun ini meluluskan angkatan pertamanya. Melalui program Teachers College, UPH bekerjasama dengan Corban University yang terletak di Salem, Oregon. Kerjasama antar UPH dengan Corban University mengadakan program pendidikan guru berstandar internasional. Lulusan dari program ini akan diberikan 2 gelar yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari UPH dan Bachelor of Education (B.Ed) dari Corban University. Melalui TC, YPPH berhasil secara konsisten menghasilkan guru - guru Kristen dan mengutus mereka untuk mengajar di seluruh pelosok Indonesia.

 

Saat ini YPPH telah mendirikan sebanyak 53 sekolah, termasuk penambahan sekolah di Meda, Bogor, dan Lubuk Linggau, juga beberapa sekolah untuk daerah terpencil di papua.

 

Menurut Connie Rasilim, Dekan Teachers College UPH, guru - guru yang dihasilkan telah mengalami kemajuan yang cukup merata dalam konten, keterampilan serta kematangan cara berpikir dan pengembangan karakter. Hal ini merupakan anugrah Tuhan di dalam menyertai proses pembentukan yang dilalui para guru selama menjalani pendidikan dan hidup berkomunitsa di asrama dengan program yang ditetapkan di UPH. Proses pembentukan juga mencakup saat para mahasiswa menjalani magang 4 bulan di sekolah - sekolah dalam lingkungan YPPH, pada tahun terakhir mereka. Jelasnya.

 

Menurutnya, pendidikan guru bukan hanya soal bagaimana mahasiswa mendapatkan konten dan mengerti pedagogi yang baik. Pendidikan yang sejati adalah bagaimana mempersiapkan manusia untuk masuk dalam proses persiapan untuk hidup yang sejati. Ia yakin hanya Kristus yang mampu memberikan makna sesungguhnya akan proses persiapan yang utuh menuju hidup yang sejati. Hal ini merupakan pelajaran yang diberikan dalam proses pengajaran tersebut. TC-UPH berharap lulusan mereka juga akan mengaplikasikan kebenaran ini di kelas saat mengajar. Inilah visi yang terus mereka tanamkan kepada lulusan mereka yaitu memproklamirkan keutamaan Kristus dalam segala hal.

 

Pengukuran perkembangan guru mereka sendiri menerapkan kriteria 4C: Character, Callin, Competence serta, Compassion. Hasilnya para guru ini siap untuk diutus ke berbagai daerah.

 

Sementara lulusan ITC 3 diantaranya akan langsung kembali ke daerah asal mereka di Nepal dan 9 diantaranya akan bertugas di sekolah naungan YPPH di Indonesia.

 

Bangga menjadi salah satu perasaan yang dirasakan oleh Connie Rasilim. Ia bangga melihat mahasiswa ITC yang menghadapi begitu banyak perjuangan yang dapat dikategorikan tidak mudah. Menurutnya, mahasiswa ITC harus belajar menyesuaikan diri dengan budaya Indonesia.

 

Guru yang telah dihasilkan oleh TC-UPH akan membawa sangat banyak bantuan bagi mereka yang berada di daerah terpencil. Sebagaimana dinyatakan di sila ke-5 pancasila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. demikian juga pendidikan adalah hak bagi seluruh rakyat Indonesia.


Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login