images

okezone.com

iin Suwandi

Member Since 27/09/2016

TNI MENYATU DENGAN RAKYAT

Rabu, 7 Juni 2017

TNI merupakan bagian dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Begitulah Motto yang menjadikan TNI tidak ada batas dengan Rakyat. Sebagaimana yang dilakukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yaitu melaksanakan buka puasa bersama dengan seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabesad, serta anak Yatim Piatu yang bertempat di Lapangan Mabesad Jakarta, Selasa (6/6). 

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan bahwa dalam dimensi vertikal, keistimewaan yang paling utama di bulan suci Ramadhan adalah terdapatnya Lailatul Qadr, atau satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Dimana segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Sedangkan dalam dimensi horizontal, bulan Ramadhan ini sarat dengan makna pengendalian diri, baik dari berbagai perbuatan yang dilarang oleh ajaran agama, maupun berbagai perilaku yang memiliki dampak negatif bagi lingkungan sosial. Semangat toleransi, saling membantu serta saling menghormati sangat erat melekat pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan ini. 

 Kasad mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS serta anak yatim piatu yang hadir dalam acara tersebut untuk menjadikan ibadah puasa Ramadhan tahun ini sebagai sebuah momentum untuk bermuhasabah atau mengevaluasi diri, terhadap berbagai hal yang telah berlalu, serta memperteguh niat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dimasa depan. 

Tema Ramadhan yang dibawakan adalah "Jadikan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Iedul Fitri 1438H/2017 Sebagai Sarana Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan, Kepedulian serta Kebersamaan Prajurit TNI AD dengan Masyarakat Guna Mewujudkan Prajurit Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat.

Sementara KH. Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym (Pemimpin pondok pesantren Daarut Tauhid) dalam ceramahnya mengatakan bahwa ada empat ciri orang yang beruntung yaitu selalu memegang teguh kebenaran, meniatkan segala sesuatu dengan ikhlas, senang mendapatkan nasehat dari orang lain dan terakhir adalah selalu sabar dalam menghadapi kehidupan. 

Saya salud dan bangga atas kegiatan yang dilakukan oleh TNI AD dimana telah menghadirkan ribuan anak yatim. Menurut informasinya Kasad mengundang anak yatim dari berbagai Yayasan yang ada di Jakarta. Sekitar 17 Yayasan anak Yatim diundang untuk buka puasa bersama oleh Kasad. Ini adalah suatu pembuktian bahwa TNI AD semakin dekat dengan rakyat dan menjadikan momentum bulan suci Ramadhan sebagai wahana agar lebih menyatu lagi dengan rakyat. 

Dalam kegiatan tersebut terlihat cukup berkah karena juga dihadiri media massa nasional yang diperkirakan sekitar ratusan lebih. Membludaknya media massa dalam peliputan buka bersama dengan Kasad suatu hal yang luar biasa. Karena pantauan penulis biasanya kegiatan Kasad paling banyak hanya dihadiri kurang lebih empat puluhan. Artinya antara rakyat dengan TNI tidak ada jarak untuk saling bahu membahu dalam kebersamaan agar TNI AD selalu dekat dengan rakyat tanpa membedakan profesinya. 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login