images

okezone.com

Fazrian Noor

Member Since 19/03/2016

RESEP NENEK: Tumis Cabu Ebi Pedas Manis, Hidangan Laris di Hari Raya

Senin, 26 Juni 2017
RESEP NENEK: Tumis Cabu Ebi Pedas Manis, Hidangan Laris di Hari Raya

Hari raya adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu setelah menjalankan puasa sebulan penuh. Momen hari ini biasanya diisi dengan silaturahmi dan berkumpul dengan sanak famili. Dan tentu, tak lengkap jika berkumpul tidak sambil menyantap hidangan. Berbagai hidangan makanan biasanya tersaji, seperti opor ayam, atau hidangan lain yang berbahan dasar daging.

Tidak dipungkiri, hidangan berbahan dasar daging seringkali menjadi hidangan utama di berbagai hari-hari besar. Dan ya, daging seringkali menyingkirkan kehadiran hidangan sayuran yang notabene tidak kalah memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh. Bisa dikatakan, hidangan berbahan dasar sayuran, sedikit dilirik kala dihidangkan dan disandingkan dengan hidangan berbahan dasar daging.

Lalu, bagaimana agar hidangan berbahan dasar sayuran bisa selaras dengan hidangan berbahan dasar daging? Dont worry, kuncinya terdapat di seberapa pintar kita mengolah sayuran menjadi hidangan yang enak dan menyehatkan di hari raya. And of course, dengan tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung didalamnya. So, lets check this out!

 

Bahan Dasar:

-          Cabe Ijo

-          Buncis

-          Tahu yang sudah digoreng

-          Ebi goreng (udang yang sangat kecil)

 

Bumbu-bumbu:

-          Bawang merah

-          Bawang putih

-          Gula putih

-          Garam

-          Merica

-          Tomat

-          Penyedap makanan

-          Kecap

-          Santan

 

Cara penyajian:

-          Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak

-          Setelah tercium aroma harum dari bawang putih dan bawang merah, masukkan potongan cabe ijo, buncis, serta tahu yang sudah digoreng sebelumnya

-          Setelah itu, masukkan bumbu-bumbu gula putih, garam, merica, tomat, dan penyedap makanan

-          Tumis sekitar dua menit, lalu masukkan kecap dan santan

-          Setelahnya, tumis dan tunggu hingga kecap dan santan meresap

-          Hidangkan selagi panas dan jangan lupa, taburkan ebi dan bawang merah goreng diatasnya

 

Bagaimana, mudah bukan? Pada dasarnya, tumis-menumis sudah diketahui pada umumnya. Takaran yang diinginkan pun, bisa disesuaikan dengan keinginan juga porsi yang akan dibuat. Oh iya, jika ingin ditambahkan bahan pelengkap lain pun bisa.

Hidangan sederhana namun memiliki nilai gizi yang tidak kalah dengan hidangan daging ini, bisa menjadi alternatif hidangan atau pelengkap di hari raya. Tidak memakan waktu lama untuk membuatnya, namun menyimpan rasa yang menggugah selera.

Bagi yang penasaran, cabu merupakan akronim dari Cabe dan Buncis. Hidangan ini biasa tersaji di hari raya keluarga saya melengkapi hidangan berbahan dasar daging. Dan hidangan ini pula, tak kalah laris dengan hidangan berbahan dasar daging lainnya. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi! 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Adi

    Adi

    26 June 2017 at 22:03:PM

    Sangat membantu. Kebetulan sy suka makanan yg pedas2.