images

okezone.com

Member Since 09/08/2017

Tulisan Lainnya

Syeihan Syah

Member Since 09/08/2017

Mas Sule : Mesin Pengolah Susu Kedelai Berbasis 3in1 Karya Mahasiswa Teknik Universitas Negeri Surabaya

Rabu, 9 Agustus 2017

Susu Kedelai merupakan minuman favorit bagi sebagian masyarakat, rasa yang bermacam macam serta tingginya zat protein di dalam kedelai membuat beberapa orang memilih susu kedelai untuk menggantikan susu sapi. Menjamurnya produk susu kedelai juga meningkatkan jumlah konsumen susu kedelai yang digandrungi mulai dari anak anak hingga orang dewasa, Namun apakah susu kedelai yang beredar dipasaran saat ini sudah benar pengolahannya?

Beberapa UKM yang masih berkembang umumnya kurang memperhatikan proses pengolahan susu kedelai, padahal proses pengolahan mulai dari Pencucian, Juicer, Penyaringan, Pemasakan, dan pengemasan harus memenuhi standar pengolahan makanan. Untuk itu sekolompok mahasiswa UNESA melakukan survey pada salah satu UKM Susu Kedelai yang ada di Desa Gandul, Kab. Madiun, Jawa Timur. UKM ini dikelola oleh bapak Suwono yang dibantu Istri dan anaknya, hasilnya pengolahan masih kurang higienis dan masih manual.

Berawal dari kerisauan tersebut sekelompok mahasiswa yang diketuai Oleh Yan Dwi Pratama membuat sebuah alat untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, mereka merancang sebuah mesin yang dinamai MAS SULE" dengan konsep 3 in 1 yang dapat menggantikan 3 proses yaitu pemasakan, pendinginan dan pengemasan. Dengan teknologi Thermocontrol membuat pemanasan lebih stabil dibandingkan kompor biasa. Pendinginan yang diterapkan pada MAS SULE juga menggunakan teknologi Spiral Pipe sehingga pendinginan lebih cepat dan higienis. Proses pengemasan dengan sistem Precision Filler membuat pengisian menjadi lebih cepat, higienis dan aman bagi susu.

Setelah mesin MAS SULE diterapkan pada mitra UKM terasa banyak manfaat yang dirasakan Bapak Suwono mulai dari peningkatan produktifitas, kualitas serta peningkatan ekonomi mereka.

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login