images

okezone.com

Rosse Hutapea

Member Since 25/04/2016

Keunikan Program Orientasi di UPH Festival

Kamis, 10 Agustus 2017
Keunikan Program Orientasi di UPH Festival

Orientasi mahasiswa baru bagi sebagai orang masih menjadi momok. Kesenjangan antara senior dan junior, tugas-tugas yang memberatkan mahasiswa baru, dan berbagai program yang terkadang kurang bermanfaat, membuat resah tidak hanya bagi mahasiswa baru tetapi juga orang tua dan keluarga.

Penting untuk selalu diingatkan bagi institusi pendidikan agar membuat program orientasi yang benar-benar sesuai dengan tujuan. sampai-sampai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menerbitkan surat edaran (SE) tentang larangan kekerasan dalam penerimaan mahasiswa baru.

Menarik disimak kegiatan orientasi mahasiswa baru yang diadakan di salah satu kampus yang berlokasi di Karawaci-Tangerang. Universitas Pelita Harapan (UPH) mempunyai ketetapan untuk membuat program penyambutan mahasiswa baru yang membangun semangat dan kegembiraan untuk memasuki dunia kampus. 

UPH memberi nama untuk program penyambutan mahasiswa baru dengan nama UPH Festival. Sesuai namanya acara ini memang dirancang meriah layaknya sebuah festival. Namun kalau dicermati ke konten acaranya, UPH Festival sarat dengan nilai-nilai yang ingin ditanamkan. Jadi dalam UPH Festival justru bukan semata-mata perayaan tetapi merepresentasikan awal proses belajar yang menginspirasi dan memotivasi mahasiswa.

Tahun ini UPH menggelar UPH Festival 24 dengan tema 'Bear Fruit'. Tema ini menjadi arah untuk setiap program yang diadakan. Melalui setiap program acara UPH Festival 24, mahasiswa tidak hanya dipersiapkan memasuki dunia kampus, namun sekaligus didorong untuk menghasilkan prestasi tertinggi dan menghasilkan buah yang berdampak bagi masayarakat sesuai dengan jurusan yang diambil, serta mengalami transformasi dalam kehidupannya.

Berikut ini  beberapa program unik dalam orientasi mahasiswa baru UPH yang patut dicontoh:

Mentoring.  Pendampingan mahasiswa baru oleh mahasiswa senior. Partisipasi para mentor, yaitu mahasiswa senior, yang akan membantu mahasiswa baru untuk mengenal dunia perkuliahan. Para mentor dipersiapkan khusus agar dapat berperan dalam membangun tingkah laku positif, kepemimpinan, juga membantu dalam bidang akademik, kepada mahasiswa baru.

Seminar Distinguish Guest Speaker (DGS). UPH menghadirkan figur-figur tokoh masyarakat dan pemimpin yang berhasil dan menjadi panutan dari berbagai bidang. Para DGS akan membagikan pengalaman dan pemikiran mereka sehingga menginspirasi dan memotivasi mahasiswa untuk berespon dan membawa  perubahan bagi bangsa. 

Parents Gathering. Para orang tua mahasiswa baru juga diundang dalam acara UPH Festival untuk  mengenal perkuliahan dan dipertemukan dengan Founder,dekan dan dosen dari setiap jurusan. Program ini bertujuan untuk melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anaknya. 

Open House. UPH Festival juga mengundang siswa dan guru SMA dalam acara open day, shcolarship day, pameran edukasi dan juga seminar untuk para guru. di acara ini mereka dapat menyaksikan pameran karya mahasiswa sekaligus mengenal pembelajaran dari setiap fakultas dan fasilitas kampus UPH.

Music and art performance. Tidak ketinggalan publik juga dapat menikmati acara di UPH Festival 24, seperti music performance, bazaar, sampai pertunjukkan Human Configuration dan kembang api di akhir acara. 

Informasi lengkap UPH Festival  ada di www.uph.edu/festival 

Luar biasa! Semoga dapat menginspirasi institusi pendidikan lainya untuk program orientasi yang lebih membangun. (rh)

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login