images

okezone.com

Fadel Muhammad

Panda Timur 1/A1 Palebon, Pedurungan, Semarang
Member Since 14/08/2017

Tags

Tulisan Lainnya

Fadel Muhammad

Panda Timur 1/A1 Palebon, Pedurungan, Semarang
Member Since 14/08/2017

Penggalakan Kembali Budidaya Kerang di Desa Bedono oleh Mahasiswa KKN PPM Undip

Senin, 14 Agustus 2017
Penggalakan Kembali Budidaya Kerang di Desa Bedono oleh Mahasiswa KKN PPM Undip

DEMAK Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli hingga 20 Agustus 2017. Salah satu program kerja utama yang dilakukan adalah pembuatan demplot budiaya kerang dengan teknologi tepat guna sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Bedono. Pembuatan demplot budidaya kerang ini meliputi sosialisai kepada masyarakat mengenai teknik budidaya yang tepat untuk diterapkan di Desa Bedono, pembuatan demplot, hingga proses perawatan serta pemanenannya.

Sebagian besar mata pencaharian warga Desa Bedono adalah nelayan dan pembudidaya. Desa Bedono termasuk kedalam salah satu wilayah yang terkena dampak reklamasi yang cukup parah. Reklamasi yang terjadi mengakibatkan tenggelamnya rumah-rumah warga dan juga merusak tambak warga sehingga banyak pembudidaya yang mengalihkan hidupnnya menjadi nelayan yang menggantukan hidup sepenuhnya pada hasil tangkapan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya penggalakan kembali budidaya kerang dengan teknologi tepat guna agar  masyarakat kembali memiliki sumber penghasilan lain untuk meningkatkan perekonomiannya.

"Desa Bedono sebenarnya memiliki banyak potensi di bidang wisata dan perikanan yang dapat dikembangkan lebih lanjut", ujar Arya Rezagama, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing KKN PPM Undip. Saat ini di Desa Bedono ada beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan saat liburan, yaitu Pantai Morosari, Mangrove Track, Tanggul Hybrid Engineering, Kampung Senik, dan Makam Mbah Mudzakkir. Demplot kerang ini tidak hanya menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat melainkan juga menjadi penunjang wisata yang ada di Desa Bedono. Hal ini merupakan langkah tepat untuk meningkatkan wisatawan yang datang dan menjadikan wisata Desa Bedono menjadi wisata edukasi yang memberikan pengalaman serta pengetahuan yang menarik bagi wisatawan.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login