images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

Prodi Peternakan UMBY Beri Pelatihan Ternak Domba & Ayam

Rabu, 16 Agustus 2017
Prodi Peternakan UMBY Beri Pelatihan Ternak Domba & Ayam

Dua kelompok produktif masyarakat yakni kelompok ternak Domba Ngudi Tani dan kelompok wanita tani (KWT) Ngudi Arum, pada tahun anggaran 2017 menjadi sasaran program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

Program ini merupakan skim pengabdian dosen UMBY yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti, ungkap ketua IbM, drh. A. Mamilisti Susiati, MP., Selasa (14/08/17).

Mamilisti menambahkan bahwa pengabdian ini dilaksanakan di desa Ketundan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, dengan dibantu oleh dosen program studi Peternakan lainnya, yaitu Ir. Nur Rasminati MP., dan Ir. Setyo Utomo, MP.

Saat ini kelompok ternak Domba Ngudi Tani berjumlah 25 anggota dan KWT Ngudi Arum berjumlah 23 anggota. Dalam IbM ini kedua kelompok mendapatkan motivasi usaha; pelatihan teknis produksi; manajemen pemeliharaan dan manajemen usaha; pelatihan teknologi pakan ternak (techno feeding) menggunakan bahan-bahan lokal seperti limbah padi (jerami padi), jerami jagung, pohon pisang, jantung pisang, starter berbahan nasi, rebung bambu; peltihan teknologi pembibitan (techno bredding); pencegahan penyakit menggunakan bahan-bahan lokal seperti daun pepaya, lengkuas, dlingo, bengle, jambe, kunyit, jahe, bawang putih; serta ilmu perkandangan.

Disamping itu, tim IbM juga memberikan bantuan satu ekor pejantan Domba Garut dan tiga ekor induk Domba. Bagi KWT, dianjurkan untuk mengembangkan usaha produktif pemeliharaan ayam kampung sistem babonisasi bergulir melalui pemeliharaan semi intensif. Hal tersebut didukung dengan fasilitas perkandangan dengan kapasitas 200 ekor ayam kampung berbagai fase dan bantuan 25 ekor indukan ayam kampung dengan dua pejantan.

Diharapkan melalui kegiatan penyadaran, pelatihan, demontrasi plot, kedepannya kelompok ternak Domba akan berkembang secara berkelanjutan. Demikian juga untuk usaha Ayam kampung bagi KWT, akan mengalami peningkatan pendapatan sehingga akan mengurangi angka kemiskinan, ujar Kepala Bappeda Magelang Drs. H. Soegiono, M.Si, disela-sela kesibukannya di kantor Bappeda Magelang, Selasa (14/8).

Kelompok ternak Domba Ngudi Tani akan semakin berkembang dalam menyediakan bibit Domba yang berkualitas dengan pemberian pakan berkualitas berbasis bahan lokal serta pengembangan Ayam kampung untuk mendongkrak ekonomi rumah tangga miskin (RTM), tutur Mamilisti. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login