images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

Dosen UMBY Dampingi PKK Olah Sukun Jadi Donat

Jum'at, 18 Agustus 2017
Dosen UMBY Dampingi PKK Olah Sukun Jadi Donat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui dosen program studi Teknologi Hasil Pertanian Agus Setiyoko, M.Sc., mengembangkan olahan pangan berbahan lokal yaitu berbahan Sukun.

Hasil panen Sukun belum diolah secara maksimal menjadi berbagai jenis produk yang bernilai ekonomi tinggi dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang cara pengolahan, teknologi pengemasan serta manajemen usaha, ungkap Martini, Kepala Dukuh Klajuran, Minggu (06/08/17).

Agus Setiyoko mendampingi PKK di Klajuran, Tanjung Harjo, Nanggulan, Kulon Progo untuk mengembangkan olahan pangan berbahan Sukun. PKK diberi penyuluhan dan pelatihan pengolahan buah Sukun agar memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Dalam pelatihan ini dibuatlah olahan Sukun berupa Dokun atau Donat Sukun yang beraneka toping. Donat Sukun ini sebagai salah satu produk diversifikasi pengolahan. Donat dipilih dalam pelatihan ini karena penggemar makanan ini mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan orang tua pun juga suka. 

Agus menerangkan, pendampingan yang dilakukan sejak Mei 2017 ini memiliki kegiatan meliputi penyuluhan, praktek pengolahan, praktek pengemasan, hingga manajemen usaha.

Harapannya, buah Sukun yang kaya kandungan gizi ini meskipun awalnya tidak digemari oleh masyarakat, mampu menjelma menjadi makanan yang digemari, mempunyai nilai jual yang tinggi serta menjadi salah satu peluang usaha kuliner dan makanan khas dari asli Kulon Progo, tutur Agus. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login