images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

UMBY Dampingi Pemberdayaan Wisata Mangrove di Kulon Progo

Senin, 21 Agustus 2017
UMBY Dampingi Pemberdayaan Wisata Mangrove di Kulon Progo

Mengingat perkembangan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai propinsi yang menggencarkan pengembangan pariwisata yang disusul dengan rencana pembangunan bandara internasional di wilayah Kulon Progo menjadi pemicu perubahan bagi warga masyarakat sekitar Temon, Kulon Progo untuk berbenah.

Salah satunya adalah sektor wisata Mangrove Jembatan Api-api dan Pantai Pasir Kadilangu. Mayoritas masyarakat sebelumnya hanya bermatapencaharian sebagai petambak (mengelola tambak). Kini sudah banyak yang menjadi pengelola kawasan wisata dan beberapa masyarakat pun yang membuka usaha di sekitar tempat wisata. Upaya untuk menjadi tempat wisata yang mandiri dan sejahtera diwujudkan dalam program Iptek bagi Masyarakat (IbM) Wisata Mangrove Jembatan Api-api dan pantai Pasir Kadilangu yang dilakukan oleh tim  IbM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

Pemberdayaan tersebut menyasar pada kegiatan pembukuan secara manual, pelatihan guide berbahasa Inggris serta pelatihan dan pendampingan berbasis teknologi informasi (TI) melalui pembuatan dan pengelolaan web di masing-masing lokasi wisata, ujar Ketua IbM, Nugraeni, SE, M.Sc.  

Pengembangan yang telah dilakukan terbagi dalam tiga tahap: pertama, pelatihan guna pengembangan sumber daya manusia; kedua, pendampingan pengelolaan; dan ketiga, praktek pengelolaan pariwisata. Adanya bantuan pemberdayaan dari program IbM pada tahun pelaksanaan 2017 yang dilakukan oleh Nugraeni, SE, M.Sc dan Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A., membuat jumlah wisatawan dan kualitas manajemen meningkat sehingga menghasilkan pemasukan yang tinggi bagi kedua tempat wisata tersebut. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login