images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

Dies Natalis, UMBY Gelar English Competition

Selasa, 22 Agustus 2017
Dies Natalis, UMBY Gelar English Competition

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta  (UMBY) atau yang dikenal dengan English Student Association menggelar English Competition 2017. Acara berlangsung meriah di auditorium UMBY kampus 3, Minggu, 20 Agustus 2017.

Mengusung tema Sound, Freedom, and Unity, kompetisi ini diisi dengan dua jenis perlombaan, yakni speech (pidato) dan essay writing (menulis essai). Kompetisi diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat dan umum di wilayah DIY-Jawa Tengah. Selanjutnya, peserta lomba essai dan guru-guru pendamping mengikuti pelatihan singkat mengenai penulisan essai yang dipaparkan oleh Dr. Dra. Hermayawati, S.Pd., M.Pd.

Triyani, ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini untuk memperingati Dies Natalis UMBY ke-31. English Competition 2017 merupakan ajang bagi siswa maupun mahasiswa untuk menuangkan ide dan opini mengenai kebebasan berbicara.

Harapannya siswa dan juga mahasiswa berani untuk berbicara dan mengemukakan pendapat, sehingga kemampuan berbahasa Inggrisnya lebih terasah dan meningkat, ujar Triyani.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang diwakili oleh Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., menerangkan bahwa tema yang diusung dalam kompetisi ini diambil dengan melihat beberapa isu dan masalah yang terjadi di Indonesia. Fenomena dalam kebebasan berbicara seakan menjadi boomerang tersendiri bagi kesatuan dan persatuan Indonesia. Oleh karena itu, acara ini diadakan dengan tujuan agar generasi muda mampu menyampaikan ide dan opini mereka untuk membangun kembali rasa persatuan bangsa Indonesia.

Senada dengan Elysa Hartati, Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A., yang mewakili Wakil Rektor mengungkapkan harapannya melalui English Competition, generasi muda dapat menjadi agent of change bagi bangsa Indonesia karena mampu menyuarakan ide serta opini untuk menyatukan bangsa.

Pemenang dalam English Competition 2017 untuk speech, juara pertama diraih Gayatri Jamila Nugrastiti dari SMA N 1 Kasihan, juara kedua dan ketiga diraih siswa dari SMA IT Ihsanul Fikri Magelang, yakni Putri Salsabila dan Dzikro Rosyidah. Kemudian untuk writing essay, juara pertama dan kedua diraih siswa dari SMA Kolase De Brito, yakni Boy Ertanto dan Ig. Jericho sedangkan juara ketiga Lathifa Millati. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login