images

okezone.com

Rosse Hutapea

Member Since 25/04/2016

Ada Workshop Barista dan Beauty Class di UPH Festival 24

Selasa, 22 Agustus 2017
Ada Workshop Barista dan Beauty Class di UPH Festival 24

Ada yang menarik di UPH Festival 24 tahun ini. Diantara program-program orientasi mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018, ada kegiatan yang diikuti para guru-guru SMA. Tentunya mereka datang atas undangan UPH untuk menghadiri UPH Festival 24 bersama para murid-murid kelas 12. 

Sementara para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti tour kampus, para guru mendapatkan workshop yang tidak kalah menariknya dengan kegiatan yang diikuti para siswa. Usai pemberian informasi umum mengenai UPH dan program penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019, panita menghadirkan tim barista dari Santino Caffe untuk memberikan workshop pembuatan minuman kopi dengan teknik V60 dan workshop beauty class oleh tim Martha Tilaar Learning Center untuk para guru wanita.  Worksop ini diikuti 91 guru dari berbagai SMA di Jabodetabek. umumnya diikuti para guru pria dan penikmat kopi. 

Terdapat 3 sesi pada Barista Workshop ini.

Sesi 1 membahas tentang Barista Basic dan Pengetahuan Kopi yang dibawakan oleh Rian, seorang barista professional yang menjelaskan tentang bijih kopi, cari menyeduh kopi, mitos di balik kopi sampai proses pengolahannya.

Sesi ke 2 mengenai Tren Kopi yang sedang berkembang disampaikan oleh Harli Gunawan, seorang praktisi dengan pengalaman sebagai kepala bartender. Dia menyatakan bahwa untuk dapat sukses di bidang ini, inovasi harus terus dijalankan. Baik itu dari segi packaging, rasa, menu kombinasi, sampai kepada presentasi penyajian. Menurutnya, tren kopi yang akan menjadi tren adalah ice coffee dengan kombinasi sirup, buah dan es.

Sesi yang ke 3 lebih memperlihatkan demo praktek pembuatan berbagai macam kopi dan cara penyajiannya, dari brewing, steaming susu sampai ke teknik latte art yang dibawakan oleh Rian, seorang barista profesional.

Antusiasme para peserta sangat terasa pada workshop ini baik sat menyaksikan demo penyajian kopi maupun sesi tanya jawab seputar kopi. Beberapa guru tampak mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada para pembicara. Pada kesempatan ini para peserta juga dapat mencoba membuat kopi sendiri, serta dapat mencicipi berbagai macam kopi dan minuman yang dibuat oleh para barista.

Sementara pada kelas workshop beauty class, para peserta juga sangat antusias. Mereka dijelaskan pentingnya memiliki penampilan yang menarik bukan semata karena make-up tetapi juga harus didukung dengan kecantikan dari dalam diri. Para guru diajarkan bagimana merias dengan baik dan benar sehingga mendukung penampilan lebih percaya diri. Para beauty class juga mengajarkan para guru yang umumnya berusia paruh baya bagaimana tips make-up untuk dapat tampil profesional tanpa membutuhkan waktu yang lama. Tentunya melalui pelatihan ini diharapkan dapat membangun kepercayaan diri para guru dalam penampilan sehari-hari yang pada akhirnya membantu produktifitas dan aktivitas sehari-hari.

Menariknya saat mempraktekkan teori make-up yang sudah diberikan, para peserta tampak semangat dan mempraktekkan tahap demi tahap aplikasi make-up. Hasilnya penampilan berbeda tampak dari setiap peserta. Trainer juga memberikan apresiasi kepada peserta dengan rias terbaik.

Program workshop di UPH Festival memang baru pertama kali ini dibuat. Sebelumnya program untuk para guru diberikan dalam format seminar. Ternyata model workshop ini juga menarik dan bermanfaat untuk para guru-guru.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login