images

okezone.com

Member Since 24/08/2017

Tulisan Lainnya

Tiur Melanda

Member Since 24/08/2017

UPH Bagikan Tips Mengajar Generasi Milenial untuk Para Guru di UPH Fesitival 24

Kamis, 24 Agustus 2017
UPH Bagikan Tips Mengajar Generasi Milenial untuk Para Guru di UPH Fesitival 24

Dalam serangkaian acara UPH Festival 24, pada tanggal 18 Agustus 2017, UPH memfasilitasi para guru SMA dengan seminar How to Teach Millennial Generations. Seminar ini dihadiri oleh sebanyak 120-an guru dari berbagai sekolah.

Pembicara pada teacher seminar ini adalah Ririn Sani, seorang dosen Psikologi UPH. Dia memiliki background pendidikan S1 Psikologi UI dan melanjutkan S2 di universitas yang sama.

Pada seminar ini Ririn mengajak para pengajar tentang bagaimana mengajar generasi milenial dari perspektif yang berbeda.

Generasi milenial yang lahir dari tahun 1982-1994 merupakan profil siswa didik era ini. Ririn menjelaskan karakteristik dari generasi ini, di antaranya yaitu tech savvy, adalah seseorang yang sangat mengerti mengenai teknologi modern; juga group oriented yang sangat mementingkan pertemanan kelompok, sehingga mempunyai kecenderungan gampang terpengaruh; dan juga generasi yang menolak ide atau teori-teori yang menurut mereka sudah outdated.

Berangkat dari karakteristik tersebut,  Ririn memberikan cara pendekatan kepada para murid dari generasi milenial dengan apa yang disebut 4R, yaitu;

Research, perlu cari tahu teknologi apa yang bisa dikaitkan atau dibawakan di kelas. Contoh yang diberikan misalnya penggunaan power point dengan lebih banyak gambar. Apa yang lebih cocok dan nyaman bagi para murid sehingga pengajaran lebih efektif. Dalam poin ini ditekankan untuk melakukan riset terlebih dahulu pendekatan apa yang paling mengena untuk para murid.

Relevance, dari segi materi yang dibawakan apakah masih relevan dengan generasi yang sekarang. Apakah hal tersebut masih bermanfaat dan up to date.

Rapport, Generasi milenial sangat mementingkan relasi. Kecenderungan ini ditunjukkan dengan adanya kesukaan untuk pertemanan secara berkelompok. Sehingga para murid akan senang dan merasa connect dengan pengajar apabila pengajar memiliki kesukaan yang sama dengan mereka.

Rational, perlunya diberikan penjelasan terlebih dahulu kepada para murid tentang garis besar dan tujuan dari tugas atau materi yang akan diberikan. Generasi milenial cenderung akan lebih mengikuti aturan, apabila para pengajar menyediakan mereka dasar pemikiran rasional tentang pentingnya suatu tugas atau kebijakan tertentu.

Melalui materi ini diharapkan para guru dapat berkomitmen terhadap anak didik dan terus berinovasi dalam mengajar khususnya kepada generasi milenial.

Selain mengikuti seminar, para guru diajak menyaksikan berbagai kegiatan UPH Festival 24, diantaranya pameran karya mahasiswa UPH dari berbagai fakultas serta melihat program orientasi mahasiswa baru yang sedang berlangsung di kampus UPH, Karawaci. (tm)

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login