images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

UMBY Tingkatkan Produktivitas Kambing Gunungkidul

Senin, 28 Agustus 2017
UMBY Tingkatkan Produktivitas Kambing Gunungkidul

Sebanyak 35 peternak Kambing yang tergabung dalam kelompok ternak Kenanga dan Karya bakti, selama 8 bulan mendapatkan pelatihan dan pendampingan peningkatan produktivitas ternak Kambing. Kedua kelompok yang beralamat di Desa Girijati Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul ini mendapat pelatihan dan pendampingan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Kegiatan ini dilakukan melalui program Iptek bagi Masyarakat (IbM) dari Kemenristekdikti.

Gunungkidul merupakan gudang ternak Kambing yang memerlukan perhatian khusus karena di wilayah ini mengalami beberapa kendala. Seperti sulitnya mendapatkan pakan ternak dan angka reproduksi ternak rendah. Disamping itu pun ukuran ternak tergolong kecil karena rendahnya mutu pakan, ungkap Ketua tim IbM, Ir. Fx. Suwarta, MP., didampingi anggota Ir. Tyastuti Purwani, M.Si.

Program IbM ini meliputi pelatihan pembuatan pakan cadangan, complete feed Kambing dari bahan-bahan yang berasal dari pakan lokal dan mineral block. Guna mengurangi angka reproduksi ternak rendah, akan diterapkannya teknologi flushing energy-protein, dan perbaikan mutu genetik Kambing lokal dengan penyilangan menggunakan pejantan Kambing PE. Sehingga harapannya akan terjadi peningkatan ukuran Kambing lokal karena adanya perbaikan dari sisi genetik, kesehatan, dan mutu pakan.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Panggang Gunungkidul. Terbukti dengan keikutsertaan drh. Nanik Triana yang memberikan pelatihan kesehatan ternak Kambing.

Selain memberikan pelatihan dan pendampingan, tim IbM UMBY juga memberikan bantuan hibah seperti pejantan Kambing PE serta peralatan pengolah pakan dan ternak

Peningkatan produktivitas ternak Kambing di Gunungkidul diharapkan dapat semakin memperkuat Gunungkidul sebagai kawasan gudang ternak di propinsi DIY, pungkas Suwarta. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login