images

okezone.com

Fitri Anana

Member Since 18/05/2017

Mahasiswa UMBY Cintai Keberagaman Menuju Era Globalisasi

Rabu, 13 September 2017

Saat ini, mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berasal dari berbagai penjuru nusantara. Semua terkumpul menjadi satu hingga berkesempatan belajar dan bergaul dalam keberagaman.


Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UMBY, gelar seminar bertemakan Keberagaman sebagai sumber inspirasi generasi yang ideal di era Globalisasi, Selasa (12/09/17) di Auditorium Kampus I, Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta. Seminar menghadrikan dr. Hasto Wardoyo, SpOG., Sidrotu Naim, PhD., serta Imam Kurniawan.


Hasto Wardoyo menyampaikan kiat-kiat guna menjadi generasi tangguh dalam era globalisasi. Kiat-kiat tersebut yakni menjalani hidup secara sederhana, mengamalkan hidup bergotong-royong yang peduli terhadap kaum papa, serta setia membela dan membeli produk lokal (produk dalam negeri).

Disamping itu, Hasto juga menuturkan pentingnya softskills dibanding dengan hardskills dalam dunia kerja.


Para mahasiswa, generasi penerus bangsa harus selalu mengasah softskills dimanapun dan kapanpun, karena selama mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan, softskills yang didapatkan presentasenya lebih sedikit dibandingkan dengan hardskills, ungkap Hasto.


Lebih-lebih generasi muda, lanjutnya, memiliki peran besar dalam menentukan arah bangsa. Persaingan dalam era globalisasi sangat ditentukan oleh sumber daya manusia dalam mengelola potensi bangsa. Banyak dicontohkan keberagaman dan kegotongroyongan dalam membangun Kulonprogo. Salah satu konsep yang cukup terkenal yang dicontohkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kulonprogo adalah dengan slogan Bela beli Kulon Progo yang akhirnya menjadi slogan Bela Beli Indonesia.


Pada kesempatan yang sama, Sidrotun Naim memaparkan tantang keberagaman sebagai kekayaan dalam proses belajar. Menurutnya, keberagaman merupakan keberkahan yang harus dikelola agar menghasilkan keuntungan. Generasi muda haruslah menikmati setiap proses belajar yang tentu nantinya akan mendatangkan manfaat dalam masa depan.


Sedangkan Imam Kurniawan, mahasiswa psikologi UMBY yang sempat menerima beasiswa program YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative) oleh United States Embassy Jakarta untuk belajar di Arizona State University ini memberikan motivasi. Motivasi dari sudut pandang pemuda yang berada ditengah-tengah keberagaman untuk tetap rendah hati guna menunjukkan potensi yang membawa harum nama Indonesia dalam kancah internasional. Mercu Buana...Lebih Baik

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login