images

okezone.com

Member Since 13/09/2017

Tulisan Lainnya

Isna Kusmianto

Member Since 13/09/2017

Reader KTP Elektronik

Rabu, 13 September 2017

Reader KTP Elektronik merupakan perangkat yang digunakan untuk membaca KTP elektronik. Mengapa data yang ada pada KTP Elektronik itu bisa dibaca pada perangkat ini??
Karena KTP Elektronik itu didalamnya terdapat chip RFID (Radio Frequency Identification). RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan. RFID ini merupakan sebuah sistem dengan pancaran gelombang radio frekuensi dua arah (tranceiver) yang awamnya disebut Smart Card dan memiliki microchiplithium.

Untuk mengatasi tindak kejahatan pemalsuan data, kini telah diciptakannya Mesin Pembaca KTP elektronik. Mesin Pembaca KTP ini bisa membaca data yang terdapat pada chip yang terdapat dalam KTP elektronik. Di dalam KTP elektronik terdapat data pribadi pemilik KTP. Bahkan orang kembar yang identik pun tetap memiliki data yang berbeda. Data yang tersimpan dalam chip KTP elektronik adalah biodata dan data biometrik pemegang KTP.

Sekarang sudah semakin banyak bank-bank maupun perusahaan-perusahaan finansial yang telah menggunakan Mesin Pembaca KTP elektronik untuk memastikan apakah pemegang KTP elektronik adalah orang yang sama dengan data orang yang terdapat dalam chip KTP elektronik.

Untuk memastikannya KTP tersebut adalah dengan memverifikasi dengan menggunakan sidik jari. Yaitu sidik jari antara pemilik KTP dan data sidik jari yang terdapat pada KTP Elektronik yang dibawanya.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login