images

okezone.com

Firza Arief

Member Since 18/12/2015

Mana yang Lebih Untung, Bayar Tunai atau Non – Tunai?

Sabtu, 11 November 2017
Mana yang Lebih Untung, Bayar Tunai atau Non – Tunai?
Tren pembayaran di masa sekarang, agaknya semakin bergeser ke arah sistem non tunai. Uang elektronik ataupun kartu e-Money digalakkan pemerintah pada sejumlah lini pembayaran. Misalnya membayar jalan tol dan moda transportasi umum. Bank Indonesia bahkan mencanangkan Gerakan Non Tunai agar masyarakat mau beralih ke pembayaran non tunai secara luas. 

Tidak perlu lagi membawa uang berlebih di dompet, karena setiap kartu sudah memiliki nominal terbatas antara Rp 100 ribu Rp 1 juta. Belanja lebih hebat dan terbatasi secara otomatis. Yuk, intip keuntungan membayar pakai sistem non tunai dari beberapa kartu uang elektronik berikut:

Kartu kredit

Dengan segala kemudahan, tak jarang jika banyak orang yang mulai melirik penggunaan kartu kredit sebagai sistem pembayaran elektronik. Belanja memakai kartu kredit sangat mudah, karena kamu cukup menggesek pada mesin EDC. Harga barang jutaan rupiah pun sudah bisa dilunasi tanpa harus memikirkan nominal tabungan cukup atau tidak.

Kondisi ini cukup menguntungkan jika kamu sedang berada dalam kondisi mendesak, misalnya berada di luar negeri ataupun membayar biaya rumah sakit. Untuk validasi identitas pengguna, biasanya kamu cukup menekan nomor PIN pada mesin EDC sebagai perlindungan keamanan pencurian data.

Kartu debit

Di era sekarang, kartu debit bukan barang baru. Setiap kali membuka rekening tabungan di bank, pengguna secara otomatis akan mendapatkan kartu debit atau yang dikenal luas sebagai kartu ATM.

Di mana pun kamu berada, selama ada anjungan tunai mandiri, kamu bebas mengambil uang ataupun membayar belanja dengan kartu debit dengan cara menggesek para perangkat khusus mesin EDC yang diterbitkan masing masing bank.

Dana yang terpotong untuk membayar berasal dari jumlah uang di dalam rekening tabunganmu.

Kartu e-Money

Tak seperti kartu kredit dan kartu debit, kartu e-Money bekerja menyerupai kartu voucher pulsa fisik. Biasanya, kartu e-Money dirilis oleh perbankan yang bekerja sama dengan pihak terkait seperti toko minimarket maupun moda transportasi umum. 

Jadi, jika pengguna ingin menggunakan jasa ojek online, kereta api, bus maupun berbelanja di minimarket, tidak perlu repot membawa uang tunai.

***

Dengan adanya pembatasan atau limit yang bisa kamu tentukan sendiri batasan nominal pada setiap kartu uang elektronik, maka uang belanja bisa dikendalikan dan pengeluaran jadi makin hemat. Selamat berbelanja non tunai!

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Monica

    Monica

    18 November 2017 at 12:16:PM

    Klo aku sih mending pake non tunai. Karena dengan satu kartu aja, aku bisa gunain buat e-toll, belanja dll. Simple jadinya