images

okezone.com

Ine Aisyah

Member Since 30/11/2017

Perokok Aktif Yang Merokok Sembarangan, Merugikan Orang Lain

Senin, 18 2017

Peringatan Rokok Membunuhmu sepertinya sudah tak asing di telinga kita. Kerap kali  peringatan tersebut kita temui dimana-mana. Baik di kemasan kotak rokok, iklan rokok di televisi, hingga iklan rokok di baliho. Namun tampaknya peringatan tersebut seakan tak di pedulikan oleh para perokok aktif.

Contoh kecilnya adalah ketika saya memberi nasihat kepada teman disekitar saya, kebanyakan dari mereka menjawab dengan jawaban yang sama. Merokok nggak merokok kalau memang sudah ajal juga meninggal nantinya.

Pernah sekali ketika saya menaiki angkutan umum, ada seorang Bapak yang dengan santai merokok di dalam angkot. Lalu bapak itu diminta untuk mematikan rokoknya oleh seorang Ibu yang juga menaiki angkot yang sama. Namun bukannya mematikan rokoknya, Bapak tersebut malah merasa tersinggung dan menyuruh Ibu tersebut untuk turun dan menaiki angkot lain.

Para perokok aktif sangat merugikan orang yang tidak merokok ( perokok pasif ) disekitarnya. Walaupun tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga.

Dilansir dari sebuah aplikasi Tanya jawab dokter, alodokter.com, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat lebih dari 7 juta kematian terjadi akibat penyakit yang ditimbulkan oleh asap rokok setiap tahunnya. Sekitar 890.000 kasus kematian tersebut terjadi pada perokok pasif di seluruh dunia.

Asap tembakau mengandung sekitar 4000 bahan kimia dan lebih dari 50 di antaranya telah dikaitkan dengan kanker. Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat menimbulkan gejala seperti mata teriritasi, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan pusing.

Sepertinya hampir semua orang tahu dampak dari asap rokok. Seperti gangguan janin, kanker, penyakit jantung, dan lain-lain.

Bisa jadi orang yang terkena asap rokok dari mereka yang hobby merokok sembarangan, memiliki penyakit kronis yang sangat sensitive jika menghirup asap rokok.

Dampak dari perokok pasif akan terlihat dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tentunya hal itu dapat menrugangi masa hidup para perokok pasif.

Saya rasa sudah saatnya kita saling menghormati. Berhenti lah merokok dan mulai menghargai mereka yang ingin hidup sehat. Sesungguhnya nyawa adalah harta yang paling berharga dan tidak bisa dibeli dengan uang.



*Aisyah Minerva Puspasari

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login