images

okezone.com

Member Since 09/01/2018

Tulisan Lainnya

PHADLI HARAHAP

Member Since 09/01/2018

Percerian Bagi Anak, Orang Tua Wajib Memperhatikannya

Selasa, 9 Januari 2018

Perceraian tentu berisiko kepada anak. Mereka tidak mau berpisah dari belahan jiwanya. Ketahuilah wahai orang tua, Anak akan tersakiti dan terkena dampak dari perceraian  orang tua. Orang tua mungkin harus memperhatikan hal ini setelah terjadi perceraian.

Bicarakan kebaikan

Mari membicarakan kebaikan kepada anak bahwa kedua orang tua sama saja. Mereka tetap menjad anak dari kedua orang tua mereka. Tidak ada sebutan mantan ayah dan mantan ibu. Cinta dari kedua orang tuanya tidak pernah berubah.

Menjadi orang tua yang diandalkan bagi anak-anak

Ketahuilah bahwa Ayah dan Ibu menjadi orang yang sangat diandalkan anak-anak. Kalaupun hak asuh jatuh pada salah satu pihak. Anak jangan sampai terluka karena perpisahan. Anak harus terus hidup bahagia dan tertawalah bersama anak-anak. Tetaplah menjadi orang tua yang diandalkan anak-anak. 

Perceraian selalu menimbulkan luka

Jangan berbohong kepada anak-anak. Katakan kalau orang tua sudah berpisah, tetapi rasa cinta akan tetap sama. Salah satu orang tua jangan merusak hubungan. Katakanlah kalau Ayah dan Ibu tetap menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak.

Tetaplah Bersikap Dewasa

Orang tua menikah atas nama cinta. Kalau bisa emosi tidak memperburuk hubungan kedua belah pihak. Perceraian antara suami istri bukan berarti mengenyampingkan kehidupan anak-anak. Tetaplah bersikap dewasa dalam berhubungan. Cepat atau lambat, anak akan mengerti bahwa kenapa kedua orang tuanya telah berpisah.

Tetap bersikap empati kepada anak-anak

Orang tua yang berpisah mengakibatkan rasa sedih kepada anak-anak. Maka, tetaplah berempati kepada mereka. Ajak anak berbicara tentang kehidupan setelah orang tuanya berpisah. Kedua orang tua tetap menjadi teman dan mengertilah perasaan perasaan anak-anak.

Wahai orang tua, jangan jadikan anak senjata untuk mengadu-domba dan menjadi mata-mata kehidupan ayah dan ibu setelah berceri. Jangan mempereruh kondisi kehidupan setelah bercerai. Orang tua harus tetap mencintai anak-anak. Mengertilah cinta anak-anak lebih besar dari rasa bencimu terhadap mantan istri atau suami. Jaga hubungan baik dengan anak-anak setelah percerain. Mereka adalah malaikat bagi kehidupan.

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login