images

okezone.com

Member Since 11/01/2018

Tulisan Lainnya

bang doel

Member Since 11/01/2018

Liburan Seru Mengunjungi Pulau Cipir, Onrust dan Kelor

Kamis, 11 Januari 2018
Liburan Seru Mengunjungi Pulau Cipir, Onrust dan Kelor

Mendadak adalah hal yang enak, seperti tahu yang di goreng dadakan selalu lezat dan enak untuk di makan. Seperti itulah saat kami sekeluarga besar ber 20 orang liburan. Iya 20 orang liburan mulai dari cucu,ibu,bapak dan semuanya berlibur. Pada awalnya tidak kepikiran mau kemana karena ini ada keluarga dari Indramayu, kampung dari bapak. Akhirnya setelah pikir-pikir kenapa tidak mengajak liburan ke laut saja. Melihat destinasi yang terdekat akhirnya mengajak ke pulau yang terdekat dari jakarta yaitu 3 pulau bersejarah yaitu pulau Onrust, Cipir dan Kelor.

Perjalanan di mulai dari pagi hari menuju dermaga di kawansan Kali Adem Jakarta Utara. Perjalanan dengan tiga mobil ini bagi rata dan penuh semua mobilnya tanpa terkecuali. Menempuh sekitar satu setengah jam akhirnya kami sampai di kawasan dermaga. Pagi itu suasana dermaga ramai sekali banyak nelayan yang baru turun dan menjual ikan. Sudah janjian dengan salah satu pemilik perahu untuk membawa kami berwisata ke tiga pulau ini. Bertemu dengan pemilik perahu dan mengobrol sejenak sambil menunggu kesiapan keluarga yang ke kamar mandi.

Tepat jam 8.00 WIB perahu berangkat, kapal penuh dengan keluarga yang seru dan mengambil posisi duduk di tempat masing-masing. Nahkoda mulai menjalankan mesinya kapal menuju destinasi pertama yaitu Pulau Cipir. Pagi itu ombak tidak terlalu tinggi matahari pun tidak terlalu panas, tepat jam 8.30 kapal merapat di dermaga pulau Cipir. Kami sekeluarga pun memilih ke sisi kiri pulau menuju jembatan dermaga. Untuk masuk pulau ini dikenakan biaya sebesar 5000 per orang. Untuk berenang atau sekedar main air di pulau ini silahkan di sisi kiri pulau ini selain bening airnya dan pasirnya putih juga. Pokoknya asik deh berenang di sekitaran pulau ini.

Selain berenang di pulau ini juga kita dapat foto-foto. Banyak spot foto yang keren di pulau ini. Bisa dari dermaga tempat kita berenang ini atau menaiki menara pandang di dekat jembatan ini. Tak terasa jam sudah menunjukan pukul 10.30 dan saatnya kita akan pindah pulau. Pulau Cipir atau pulau kahyangan orang dahulu bilang, merupakan rumah sakit pada zaman dahulunya. Namun saat ini bangunan-bangunan sudah mulai rusak hanya ada beberapa yang masih berdiri kokoh.

Puas bermain dan foto-foto kita menuju pulau berikutnya yaitu pulau Onrust. Pulau yang terletak berdekatan dengan pulau Cipir ini merupakan pulau bekas rumah sakit dan tempat pemberangkatan jamaah haji pada zaman belanda. Pulau ini juga sebagai penjara bagi tahanan-tahanan perang pada zaman Belanda dengan adanya penjara-penjara di sudut pulau ini. Pulau ini juga menyimpan beberapa makam dari warga Belanda dan Indonesia yang tinggal di pulau ini. Sebagai pulau terdepan dalam menjaga stabilitas dan kegiatan Belanda di Jakarta pada masa penjajahan zaman dahulu

Puas jalan-jalan memutari pulau ini tak terasa lapar perut ini. Akhirnya kami makan di bawah naungan rerimbunan pohon. Menu yang di hidangkan ada ikan dan udang dan membuat kami menjadi tambah makan siang pada hari itu. Puas makan siang nampaknya angin semilir menerpa wajah kami semua. Ombak pun nampaknya sudah tinggi dan kami tidak bisa masuk ke pulau Kelor yang notabene adalah pulau berkarang.

Tepat jam 16.00 kami menuju kembali dermaga Kali Adem di Jakarta. Namun ternyata kapal kami mogok di tengah lautan. Mau mendorong apa daya kami tak mampu karena lautan. Setelah menunggu hampir setengah jam akhirnya ada kapal yang mau menarik kapal kami menuju daratan. Perjalanan yang sangat seru bagi kami sekeluarga karena pengalaman semua terombang ambing di laut teluk Jakarta. Sampai di dermaga sudah kecapekan semua dan akhirnya kami menuju kembali ke mobil dan kembali pulang.  

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Rudi

    Rudi

    13 January 2018 at 14:14:PM

    Nama pulaunya unik ya, mirip jenis sayur di kampung ane. Enak banget tuh kelor. Baca asyiknya renang kok jadi mupeng ya, seger deh kebayang. Dah lama ga berenang. Ditutup makan ikan bakar, aduh, uenak tenan deh di pinggir pantai. Coba ada foto menu yang bikin gniler. Yummy!

  • Rafirania

    Rafirania

    13 January 2018 at 21:00:PM

    Wow...seru...keren....jadi pengin ngerasain jalan2 ke pulau...

  • Lihat

    Lihat

    13 January 2018 at 21:01:PM

    Seruuuuuu.. n asyiiiikkk

  • Lihat

    Lihat

    13 January 2018 at 21:01:PM

    Seruuuu n asyiiiiiikkk

Previous