images

okezone.com

Siti Nafisah

Member Since 22/01/2018

Batik Bogor Tradisiku

Jum'at, 9 February 2018
Batik Bogor Tradisiku

Apa sih yang muncul dipikiran kalian kalo denger kata kota Bogor? yha pasti antara Istana Bogor, Lapis Talas Bogor, atau Puncak Bogor. Tapiii kalian tau ga sih kalo Bogor pun sekarang mempunyai ciri khas baru yaitu Batik Bogor.

Batik Bogor Tradisiku, saat ini sudah menjadi salah satu ciri khas kota Bogor yang mulai mendunia. Tidak kalah dengan batik dari kota lain, batik ini pun sangat di minati oleh para pengunjung yang datang ke Bogor, baik masyarakat lokal maupun asing. 

Batik Bogor Tradisiku terletak di Jl.Jalak No.2, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat. Batik ini di dirikan oleh Siswaya pada 13 Januari 2008 dan di launching langsung oleh Gubernur Bogor pada 4 Juni 2009 bertepatan pada peringatan HUT Bogor ke-527. Motif dari batik ini adalah ikon-ikon kota Bogor seperti Tugu Kujang, Kijang, Hujan Gerimis, Istana Bogor, Talas, Teratai, Bunga Piring, dan masih banyak lagi. Warna dari batik ini pun ungu kebiruan sebagai pengacuan sejarah Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Industri batik dan tekstil memang salah satu penghasil limbah cair yang berasal dari proses pewarnaan. Selain kandungannya zat warnanya tinggi, limbah industri batik dan tekstil juga mengandung bahan-bahan sintetik yang sukar larut atau sukar diuraikan, pada umumnya polutan yang terkandung dalam limbah industri batik dapat berupa logam berat, padatan tersuspensi, atau zat organik. Apabila limbah batik ini dialirkan langsung kelingkungan tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu, maka akan menurunkan kualitas lingkungan dan merusak kehidupan yang ada di lingkungan tersebut. Karena potensinya yang cukup besar, Siswaya memiliki cara pengelolaan limbah dengan menggunakan metode yang efektif, Ia memiliki tiga kolam untuk menyaring limbah batik sebanyak tiga kali sehingga limbah yang dibuang kesaluran air adalah limbah yang aman bagi lingkungan. Industry batik ini pun tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga bersahabat dengan lingkungan.

Selain limbah cair, batik pun memiliki limbah kain. Siswaya tidak membuangnya begitu saja limbah kain ini. Limbah ini dijadikan mozaik batik yang indah. Beberapa mozaiknya adalah vas bunga, guci, lemari, dompet, tas, sendal, sampai tembok yang bisa dijadikan mozaik batik.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login