images

okezone.com

F Dikria

Member Since 08/02/2018

Ketua PB HMI: Gerakan Bina Kaum Muda Muslim Atasi Krisis Kepemimpinan

Jum'at, 9 February 2018
Ketua PB HMI: Gerakan Bina Kaum Muda Muslim Atasi Krisis Kepemimpinan


Krisis kepemimpinan merupakan salah satu masalah serius yang sedang dihadapi oleh bangsa ini, baik di tingkat lokal maupun nasional. Selain banyaknya pejabat yang terjerat kasus suap dan korupsi, terakhir viral di media sosial, ada kepala daerah dan wakilnya adu mulut dan hampir berujung pada adu fisik di ruang publik.

Ketua PB HMI, Idris Pua Bhuku menilai, kejadian seperti itu harusnya dapat dihindari dan masing-masing harus menahan diri, karena bagaimana pun pemimpin merupakan cermin dan tauladan bagi masyarakat.

Pada saat ini, sulit bagi kita menjumpai seorang pemimpin yang berkualitas dan berintegritas, mungkin karena masyarakat kurang selektif dalam proses pemilihannya, kata Idris di Jakarta, Jum`at (09/02)

Menurutnya, jika para pemimpin memiliki kualitas dan integritas yang tinggi, tentu mereka akan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan moralitas dan etika apalagi melanggar aturan. Kasus suap, korupsi, dan pertikaian di antara para pemimpin tersebut tentu berasal dari kepribadian yang lemah, serta tidak terdapat di dalam diri mereka prinsip-prinsip dasar kepemimpinan yang sesuai dengan nilai luhur budaya bangsa dan ajaran agama, paparnya.

Untuk mengatasi masalah kepemimpinan tersebut, menurut mahasiswa yang juga menjadi Kandidat Ketua Umum HMI ini, perlu adanya penanaman nilai-nilai sejak dini bagi generasi anak bangsa supaya ke depan mereka menjadi pemimpin yang amanah dan dapat menjadi harapan umat dan bangsa.

Di HMI misalnya, kami akan fokuskan gerakan bina santri dan kaum muda muslim. Mereka adalah generasi muda yang memiliki potensi yang sangat besar bagi kemajuan bangsa. Tugas kita mendidik dan membina supaya dalam kepribadian mereka tertanam kualitas leadership profetik, jelasnya.

Idris menjelaskan, leadership profetik merupakan cerminan pemimpin ideal yang di dalam terdapat sifat-sifat baik dan terpuji yang dapat menjalankan amanah kepemimpinannya sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran dan keadilan. Nabi Muhammad adalah contoh sosok pemimpin ideal yang patut kita teladani, darinya kita belajar tentang sifat kesederhanaan, kejujuran, amanah, dan tanggung jawab, tambahnya.

Idris berharap, ke depan bangsa ini akan semakin membaik dan memiliki sosok pemimpin yang adil serta dapat mewujudkan tatanan sosial yang damai dan sejahtera. Mari kita sama-sama berikhtiar untuk membina anak bangsa khususnya kaum muda muslim supaya mereka memiliki kualitas kepribadian leadership profetik, sehingga kelak mereka dapat tumbuh menjadi seorang pemimpin yang memberikan manfaat dan sebagai penggerak kemajuan kemaslahatan umat dan bangsa, harapnya. 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login