images

okezone.com

Rosse Hutapea

Member Since 25/04/2016

STPPH Siapkan SDM Pariwisata untuk Mendukung Sustainable Tourism

Selasa, 10 April 2018
STPPH Siapkan SDM Pariwisata untuk Mendukung Sustainable Tourism Bicara mengenai Sustainable Tourism atau kepariwisataan yang berkelanjutan tidak hanya bicara mengenai objek wisata, namun juga mengenai manusianya. Konsep Sustainable dalam pariwisata Indonesia dimaksudkan untuk membangun manusia yang berakhlak dan bermoral, yang bertujuan menjadikan Indonesia menjadi negara beradab. Untuk mewujudkan sustainable tourism dibutuhkan  Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami serta mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip sustainable tuourism. 

Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH) sebagai institusi pendidikan pariwisata di Indonesia, berperan aktif dalam penyusunan prinsip-prinsip sustainable tourism bersama-sama dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Peran serta tersebut tidak berhenti pada pemikiran atau konsep, tetapi sampai kepada strategi dalam mempersiapkan SDM pariwisata yang menguasai dan mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip tersebut.

STPPH berkomitmen mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bukan hanya kompeten di bidangnya, melainkan juga harus memiliki arah yang tepat dalam mengimplementasikan keilmuannya dan mampu memberikan solusi atau  kontribusi bagi masyarakat luas. Demikian disampaikan Dr. Diena Mutiara Lemy Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH) pada  media di acara Seminar Nasional yang digelar pada hari pertama HOSPITOUR, 9 April 2018.

Diena menjelaskan proses pembelajaran harus dimuali dari kampus, melalui para akademisi yang juga mau memberikan kontribusi kepada masyarakat secara luas. Contohnya beberapa dosen STPPH ikut menjadi tim perumus pembuatan kriteria sustainable tourism untuk Indonesia. Peran aktif ini tidak berhenti sampai pada pemikiran saja, tetapi juga tindakan dalam mensosialisasikan program sustainable tourism ke daerah-daerah. 

"Kami di STPPH aktif membantu Kementerian Pariwisata untuk membantu dan membina daerah-daerah pariwisata yang berbasis masyarakat, dimulai dari daerah di wilayah Banten dimana lokasi kampus STPPH berada. Ada juga program-program penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kami lakukan bersama mahasiswa, jelas Diena.

STPPH memiliki strategi jitu dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung sustainable tourism di Indonesia, diantaranya melalui pembentukan pola pikir mahasiswa.

"Kami mensinergikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan berbagai pihak untuk mengajarkan dan membukan wawasan mahasiswa dalam dunia pariwisata. Melalui kerjasama tersebut, STPPH  mengajarkan dan membentuk pemahaman kepada mahasiswa bahwa tujuan pendidikan bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi melainkan harus bermanfaat bagi masyarakat luas. Selanjutnya  kami  merancang kegiatan-kegiatan PKM yang mendukung kepada sustainable tourism.  Dengan demikian melalui berbagai kerjasama dan PKM  kami mengajarkan mahasiswa prinsip-prinsip dari sustainable tourism," jelas Diena.

Kegiatan yang dimaksud diantaranya program yang ditujukan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat miskin melalui pelatihan keterampilan masyarakat untuk menambah nilai ekonomi keluarga. Di sini mahasiswa dilibatkan untuk melakukan berbagai inovasi yang dapat diaplikasikan untuk masyarakat di daerah tertentu sesuai kondisi daerah dan masyarakatnya.

Pembentukan pola pikir juga kami ajarkan dari hal-hal kecil, seperti penghematan energy listrik dan air yang digunakan di lingkungan kampus. Begitu juga prinsip-prinsip sustainable tourism lainnya  kami ajarkan, misalnya cara pandang terhadap manusia atau masyarakat. Dalam bisnis pariwisata, manusia atau masyarakat harus menjadi subyek dan bukan objek. Begitu juga daerah dan budaya yang ada di suatu daerah objek pariwisata. Jadi parisiwasata tidak hanya fokus pada pembangunan ekonominya saja melainkan juga masyarakatnya. Prinsip-prinsip kepedulian terhadap lingkungan  juga harus dibangun agar ketika mereka terjun ke bisnis pariwisata tetap memikirkan bagaimana melestarikan lingkungan untuk ke depannya. Satu hal lagi yang selalu ditekankan adalah nilai kerohanian setiap mahasiswa. Di STPPH mahasiswa di bimbing untuk menemukan panggilannya dari Tuhan. Artinya mereka optimal dalam mengabdikan keterampilannya dan bermanfaat bagi masyarakat, jelas Diena.


Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login