images

okezone.com

Member Since 18/04/2018

Tulisan Lainnya

Supardi

Member Since 18/04/2018

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, 18 April 2018
Makanan Khas Jawa yang Rasanya sangat nikmta
1. Lumpia Semarang khas Jawa
Lumpia yang adalah makanan asli Semarang ini merupakan salah satu kuliner tradisional yang sudah dikenal oleh banyak orang di tanah air karena kelezatannya. Bahkan kini, untuk mencicipinya, anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke Semarang karena Lumpia Semarang sudah banyak dijual di kota-kota besar.
Lumpia Semarang memiliki aneka isi dengan tingkat kelezatan yang berbeda. Isi Lumpia Semarang ini adalah ayam, rebung, cabe rawit, ataupun telur. Untuk menambah kelezatannya, cobalah Lumpia Semarang ini saat masih dalam keadaan hangat.

2. Wajik Khas Jawa
Wajik adalah makanan khas Salatiga. Wajik ini adalah cemilan yang berbahan dasar beras ketan dan gula jawa yang terdapat juga campuran santan. Beras ketan dan gula jawa ini dikukus dengan daun pandan dalam bentuk loyang tertentu sehingga setelah matang kita dapat mencium bau wangi pandanya kemudian mengirisnya menjadi potongan-potongan berbentuk wajik sesuai dengan namanya. Wajik sering menjadi makanan khas ketika diadakan acara slametan atau hajatan. Rasanya yang manis dan legit menemani sore hari anda untuk bersantai dengan menyeruput teh panas!

3. Gudeg Khas Jogja
Gudeg merupakan salah satu menu makanan berat yang banyak digemari. Gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus beberapa jam bersama gula merah dan santan di wadah yang berbahan tanah liat. Gudeg dimakan sebagai sayur melengkapi nasi dan juga dimakan bersama telur, tempe, ayam, tahu bacem, dan juga dengan krecek. Gudeg ini akan lebih nikmat lagi disantap jika penyajiannya diletakkan di atas daun pisang.

4. Serabi Solo
Serabi terbuat dari tepung terigu, tepung beras, campuran tepung terigu, dan santan. Serabi Solo ini mempunyai rasa manis dari tepungnya yang telah diberi gula, santan, kemudian dimasak secara tradisonal dengan cara dipanaskan di batok kelapa di atas tungku bara dari arang. Serabi ini terdiri dari berbagai macam topping seperti potongan buah nangka, nanas, pisang, meses, dan banyak lagi. Tekstur pinggirannya tipis dan tebal di tengah akan mengeyangkan Anda.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login