images

okezone.com

Member Since 14/04/2018

Tags

Tulisan Lainnya

Andika Bachtiar

Member Since 14/04/2018

Lapenmi Mengabdi, Bentuk Nyata Calon Guru Bangsa

Rabu, 18 April 2018
Lapenmi Mengabdi, Bentuk Nyata Calon Guru Bangsa
 HMI tidak dapat memelihara dan mempertahankan serta meningkatkan keberhasilan yang pernah dicapai, sehingga apa yang pernah dicapai tersebut tidak dapat dikonsolidasikan sebagai modal perjuangan selanjutnya, bahkan hilang dan pupus dalam perjalanan sejarah. (Agussalim Sitompul)
 fenomena yang terjadi di HMI Cabang Ciputat adalah adanya kadernya yang keluar dari organisasi ini. Entah apa penyebabnya, mungkin karena mereka yang keluar sudah jenuh dengan keadaan HMI saat ini yang sudah tenggelam dengan dalam nuansa politis serta pragmatis, terkhusus di cabang ciputat.
Hal itu tentu ada buktinya, yaitu dalam Rapat Anggota Komisariat (selanjutnya disebut RAK)  yang terjadi disalah satu komisariat yang ada di HMI Cab. Ciputat, yaitu proses pendingnya berbulan-bulan tetapi kelarnya semalam saja. (Maaf tidak ada maksud penulis disini menyinggung Ketua Umum terpilih, tetapi hanya sebagai bahan refleksi saja)
Penulis disinipun menyadari bahwa orang-orang yang keluar HMI pasti bertanya-tanya pada dirinya sendiri, bertanya tentang apa yang didapatkan HMI, karena pada awalnya mereka ditawari masuk HMI oleh para seniornya dikampusnya dengan menceritakan kejayaan HMI dimasa lalu tanpa menceritakan kondisi saat ini, baik dari segi intelektualnya maupun prestasinya dan  yang lebih parahnya lagi ditawari suatu jabatan struktural di kampus.
Lagi dan lagi. Para kader HMI terjebak dalam romantisme sejarah masa lalu. Agussalim Sitompul dalam salah satu bukunya yaitu 44 Indikator Kemunduran HMI menjelaskan bahwa HMI saat ini tidak dapat memelihara dan mempertahankan serta meningkatkan keberhasilan yang pernah dicapai, sehingga apa yang pernah dicapai tersebut tidak dapat dikonsolidasikan sebagai modal perjuangan selanjutnya, bahkan hilang dan pupus dalam perjalanan sejarah. 
Namun, para kader yang telah keluar nampaknya belum melihat kondisi HMI cabang Ciputat sepenuhnya dan hanya Melihat kulitnya saja, padahal di ciputat ada Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) di HMI, beberapa saat lalu telah bangkit kembali salah satu lembaga pengembangan profesi yang telah lama tak terdengar namanya, yaitu Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (Lapenmi) di HMI Cabang Ciputat.
Terinspirasi dari berbagai permasalahan pendidikan yang ada serta untuk mewujudkan tujuan HMI yaitu "Terbinanya Insan Akademis Pencipta Pengabdi yang Bernafaskan Islam dan Bertanggung Jawab atas Terwujudnya Masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah Swt" maka Lapenmi mengadakan kegiatan Ayo Mengabdi yang dilaksanakan di Cikeusik, Pandeglang pada tanggal 1 s.d 4 maret 2018. Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian masyarakat.
Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan pengabdian masyarakat adalah salah satu bagian dari Tri Dharma HMI, yaitu adalah insan pengabdi.
Kegiatan Ayo Mengabdi berupa acara dimana para anggota Lapenmi beserta para volunteer dalam acara tersebut terjun langsung ke sekolah untuk membantu tenaga pendidik disana, dalam artian menjadi pengajar untuk siswa siswi disana yang di semua sekolah yang ada di lokasi acara tersebut.
Selain itu, kamipun mengadakan nonton film bareng yang sifatnya edukasi dan tentu saja yang berkaitan dengan pendidikan, karena kamipun menyadari bahwa visualisasi gambar melalui film juga efektif untuk kegiatan pembelajaran terhadap anak anak.
Dalam acara puncak kami mengadakan outbond  untuk para siswa siswi disana. Tujuan kami mengadakan outbond tidak lain dan tidak bukan adalah mendidik siswa siswi untuk belajar gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan games-games yang diberikan oleh kami, karena sifat gotong royong harus ditanamkan sejak dini agar ketika dewasa nanti mereka lebih mengutamakan kepentingan bersama.
Kami berharap kedepannya semakin banyak kegiatan seperti ini lagi yang sifatnya berkelanjutan untuk membangun mutu kualitas pendidikan lebih baik lagi. Maaf jika tidak semua Lembaga Pengembangan Profesi di Ciputat tidak saya ceritakan karena keterbatasan ruang disini dan saya doakan orang orang yang telah keluar dari HMI dapat berproses dilahan lain. Bagi orang orang itu menyesalah keluar dari HMI karena tidak melihat seutuhnya. Yakin Usaha Sampai.


Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login