images

okezone.com

Tiur Melanda

Member Since 24/08/2017

UPH dalam Kampanye ‘Think Ahead’ Merokok merupakan Tindakan Menyia-nyiakan dan Memperpendek Waktu

Rabu, 25 April 2018
UPH dalam Kampanye ‘Think Ahead’ Merokok merupakan Tindakan Menyia-nyiakan dan Memperpendek Waktu

Sebagai kampus bebas rokok, UPH boleh berbangga karena terus konsisten meningkatkan kesadaran mahasiswa dan public mengenai hal ini.

Kampanye yang Terus Dilakukan

Sejak 2010, berbagai kampanye beberapa kali diadakan, diawali oleh kampanye yang bertajuk STAY AWAY Campaign, selanjutnya Abstinence Campaign di tahun 2015, dan untuk di tahun ini kampanye anti rokok Think Ahead yang diadakan oleh DKV UPH bersama dengan NGO Vital Strategies.

Awal Mula

Diawali dari gerakan NGO Vital Strategies atau yang lebih dikenal sebagai komunitas Suara Tanpa Rokok dengan sosialisasi #Theyliewedie terkait kebohongan yang diberikan oleh industry rokok yakni gerakan global yang sudah dilakukan di tiga negara; Filipina, India, dan Indonesia. Kampanye dilakukan dengan mengajak generasi muda yang dinilai lebih kritis dan kreatif.

Peserta Kampanye

Kali ini kampanye menggandeng generasi muda yang lebih kritis dan kreatif. Terdapat lima universitas di Jabodetabek yang dipilih untuk mengkampanyekan isu ini, yakni UPH, UI, Universitas Negeri Jakarta, Binus dan Universitas Multimedia Nusantara. Pemilihan kampus ini didasari sebagai kampus yang bereputasi mendukung gerakan anti rokok.

Aktivitas Kampanye

Kampanye dimulai dengan Workshop the Art of Social Change yang berlangsung pada 13 -14 Maret 2018. Workshop ini bertujuan menggalang ide-ide mahasiswa untuk mencari bentuk kegiatan kampanye yang akan dilakukan.  Dengan kata lain kampanye ini merupakan usaha makro dari para mahasiswa yang menginginkan perubahan agar setiap orang yang ada di kampus dapat hidup tanpa rokok. Melalui tema Think Ahead, Felicia Kristella dan Shella Subagia perwakilan DKV UPH ingin mensosialisaikan pentingnya menghargai waktu. Hal ini diwujudkan dalam bentuk sebuah papan mural dengan pertanyaan, Dalam 10 menit, kamu bisa lakukan apa saja? yang diletakkan pada kawasan drop off UPH.

Dengan gerakan sederhana ini, DKV UPH ingin menunjukkan kontribusinya dalam mendukung UPH sebagai kampus bersih, bebas rokok. Tentunya dalam skala lebih luas, mahasiswa diingatkan bahwa merokok hanya bentuk lain dari tindakan menyia-nyiakan waktu sehingga seharusnya tidak perlu dilakukan. 

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login