images

okezone.com

Member Since 29/06/2018

Tulisan Lainnya

Kinari Gharenesia

Member Since 29/06/2018

Saya mengandung tanpa ada tanda awal kehamilan. Normalkah?

Rabu, 11 Juli 2018
Saya mengandung tanpa ada tanda awal kehamilan. Normalkah?

 


Banyak teman saya bercerita betapa tidak enaknya ketika tanda awal kehamilan muncul. Tapi saya hanya bisa diam, karena tak ada satupun dari gejala mengandung yang disebutkan ada pada diri saya. Padahal, dokter sudah menyatakan hamil, dan tes pack positif

Pernahkah anda berada dalam situasi diatas? Hamil namun tidak ada satupun perasaan mual, atau sebagainya. Hanya telat datang bulan yang masih mendukung argumentasi fakta bahwa ada manusia kecil yang tumbuh dalam perut ibunda. Perkataan orang yang mengatakan bisa saja bayi tidak tumbuh membuat hati kian resah dan cemas. Benarkah demikian?

Apakah kehamilanku normal?

Manusia cenderung ingin terlihat sama satu sama lain. Industri busana telah membuktikkan hal tersebut. Semua orang tak berkenan terlalu mencolok dibanding yang lain. Begitu pula dengan kehamilan. Saat sesama kenalan komunitas hamil, atau mungkin saudara yang kelak menjadi calon bunda menceritakan rangkain pengalaman tidak menyenangkan saat hamil muda, anda kemungkinan besar ingin merasakan hal yang sama. Disinilah asumsi tak berdasar bahwa kehamilan anda terganggu muncul.

Kehamilan..ada ataupun tidak ada tanda tak ada hubungnnya dengan kesehatan janin. Sangat normal jika calon ibu merasa nyaman tanpa hambatan ketika dinyatakan hamil. Hal terpenting adalah hasil tes kehamilan yang dijalankan dokter, ataupun tes pack instan yang banyak dijual di pasaran. Selebihnya, hanya kondisi tubuh bunda, dan anugrah tuhan yang tentukan apakah anda benar menjadi calon ibu dalam 9 bulan kedepan.

Fokus bunda seharusnya ada pada kesehatan janin dalam kandungan. Bukan perbincangan tetangga, ataupun hal yang dialami perempuan hamil lain pada umumnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan bunda untuk memastikan kandungan tumbuh sehat seperti olahraga, perbanyak konsumsi makanan kaya akan asam folat, atau menjauhkan diri dari stress merupakan contoh tindakan yang tepat.

Kemungkinan keguguran

Meski bunda sudah berusaha untuk tetap berpikir positif, orang-orang disekitar bisa jadi tetap menebarkan aura negatif. Salah satu kata menyakitkan yang banyak diucapkan tanpa perasaan adalah, mungkin tidak bunda sedang keguguran?

Ya, keguguran memang musuh semua perempuan mengandung. Betapa tidak? Setelah berbulan, atau malah bertahun-tahun mencoba membuat anak malah berakhir di tengah jalan. Rasanya makin tidak menyenangkan kalau baru saja pengumuman mengenai kehamilan beberapa menit lalu, lantas janin menghilang.

Tenang saja, meski tanda kehamilan tidak pernah terasa belum tentu bunda mengalami keguguran. Beberapa penyebab hilangnya gejala mengandung. Bisa saja janin hanya kurang aktif, atau hormon bunda tidak bergejolak seperti ibu pada umumnya. Beberapa ibu biasanya mengalami kehilangan gejala kehamilan setelah memasuki usia akhir dan bayi tetap lahir sehat dan lancar. Pada intinya, selama bunda tidak merasakan sakit luar biasa yang mendadak, harusnya kandungan bunda dalam kondisi tidak bermasalah atau normal.  

Apabila bunda tetap khawatir ada 3 tanda yang membedakan antara kandungan normal dan keguguran, berikut diantaranya:

1.       Kram perut berlebih

2.       Rasa sakit terus menerus pada bagian perut

3.       Flek bergumpal di awal kehamilan

Catatan penting supaya kehamilan tetap berjalan lancar

Nasib di masa mendatang memang ada di tangan tuhan. Tapi, tak ada salahnya bila bunda tetap berusaha menjaga janin tetap tumbuh sampai hari persalinan. Salah satunya dengan menghindarkan perasaan stress berlebih dari diri bunda.

Stress memang memiliki banyak pengaruh buruk. Perasaan tertekan dan tak nyaman bisa berbahaya bunda dan janin. Mendengar beragam berita, cerita, atau mitos mengenai kehamilan sudah cukup membuat bunda terjerat stress Terlebih ketika bunda tidak mengetahui secara pasti kondisi janin saat ini. Inilah kenapa konsultasi rutin pada dokter sangatlah disarankan. Tak lupa, dukungan dari suami serta orang sayang akan berpengaruh besar pada kelanjutan kandungan.

 

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login