images

okezone.com

Member Since 11/07/2018

Tulisan Lainnya

rani putri

Member Since 11/07/2018

Ketika Kata DRIVE-THRU Menjadi LANTATUR (Layanan Tanpa Turun)

Rabu, 11 Juli 2018
Ketika Kata DRIVE-THRU Menjadi LANTATUR (Layanan Tanpa Turun)
Pada zaman sekarang ini, bahasa asing sudah menjadi hal yang sangat lumrah bagi semua kalangan masyarakat. Mulai dari yang muda sampai yang tua, anak-anak maupun orang dewasa. Bahasa asing saat ini sudah banyak tersebar di berbagai aspek kehidupan, di tempat umum, di media cetak, di media sosial, bahkan di media elektronik. Bahkan saat ini, bahasa asing juga sudah mulai dikenalkan pada anak-anak di usia dini seperti di Taman Kanan-kanak dan PAUD. Bahasa asing sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan kadang bahasa asing lebih mendominasi daripada bahasa Indonesia itu sendiri. Bahasa asing sangat mudah kita jumpai di mana pun dan kapan pun. Tapi tahukah Anda kalau saat ini sudah ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang telah dipadankan ke dalam bahasa Indonesia?

Sesuai dengan judul diatas, kita pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata drive-thru. Kata drive-thru berasal dari kata drive dan through yang disingkat menjadi thru.kata drive thru paling sering kita jumpai di restoran cepat saji, drive thru memiliki arti kendara lewat. Menurut Kamus Inggris Indonesia kata drive /draiv/ kb. 1 perjalanan. 2 jalan raya.  to d. through 1 naik mobil melintasi. Sedangkan through /thruw/ ks. 1 selesai, siap. 2 terus (an). Drive thru ini adalah bisnis yang melayani pelanggan yang menunggu di kendaraannya. Pesanan diterima, dan barang atau layanan disajikan menggunakan jendela, sementara pelanggan tetap menunggu di kendaraannya. Bahkan, sekarang layanan drive-thru ini tidak hanya untuk makanan saja tetapi untuk membuat SIM pun sudah memakai metode ini, tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat agar tidak perlu lelah mengantri.

Karena telah banyaknya penggunaan bahasa asing di negeri sendiri, badan bahasa mengeluarkan sebuah padanan kata untuk drive thru ini yaitu layanan tanpa turun atau di akronimkan menjadi lantatur. Layanan tanpa turun ini menjadi sebuah padanan kata yang seharusnya dapat menggantikan kata drive-thru yang terpajang dimana-mana. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata layanan /la.yan.an/ n 1 perihal 2 cara melayani, tanpa /tan.pa/ adv 1 tidak dengan... 2 tidak ber..., turun /tu.run/ v 1 bergerak ke bawa; bergerak ke tempat yang lebih rendah daripada tempat semua 2 bergerak (berjalan dan sebagainya) dari hulu (udik) ke hilir; menghilir (dari atas angin) ke bawah angin; datang dari  (dari suatu tempat atau daerah yang jauh ke tempat sendiri).

Sebagaimana analisis yang sudah dipaparkan di atas, marilah kita sebagai warga negara Indonesia yang baik  seharusnya kita lebih cinta terhadap bahasa sendiri ketimbang menggunakan bahasa asing dalam berbagai aspek. Gunakanlah padanan-padanan kata yang sudah dibuat untuk menggantikan bahasa-bahasa asing yang masih banyak dipergunakan untuk sesuatu hal. Dengan mengetahui padanan kata yang sudah dibuat ini diharapkan masyarakat menjadi cinta terhadap bahasanya sendiri bahkan jauh lebih baik lagi jika bahasa-bahasa asing yang terpajang di suatu tempat itu bisa diganti dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oleh : Rani Putri Widiastuti

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login