images

okezone.com

Member Since 11/07/2018

Tulisan Lainnya

K. Novita Larasati

Member Since 11/07/2018

Padanan Kata Watemark dalam Bahasa Indonesia

Rabu, 11 Juli 2018
Pada zaman modern ini teknologi yang semakin maju menimbulkan fenomena-fenomena baru yang berkembang di masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sekarang apapun serba digital termasuk dalam hal pemasaran. Pemasar digital atau digital marketer berlomba-lomba memasukkan karya terbaik atau foto terbaik pada konten digitalnya. 
Tetapi, sangat disayangkan tidak semua proses berjalan dengan mulus sesuai dengan yang diharapkan. Hal yang kurang diperhatikan padahal penting yaitu terhadap isu lisensi foto digital atau mengenai hak cipta.

Watermark ini sangat diperlukan dalam pentingnya hak cipta. Hak cipta adalah hak seseorang atas hasil penemuannya yang dilindungi oleh undang-undang (seperti hak cipta dalam mengarang, menggubah musik).  Fungsi dari watermark itu sendiri yaitu menunjukkan identitas dari seseorang yang menciptakan karya tersebut. Bentuk dari watermark ini juga bermacam-macam ada yang berupa tulisan singkat atau ada juga berupa logo yang berisi rincian lengkap dari identitas pencipta karya.

Tetapi tahukah anda padanan yang tepat untuk watermark ini?
Arti kata watermark a faint design made in some paper during manufacture that is visible when held against the light and typically identifies the maker.(Oxford Living Dictionary). Menurut KBBI V watermark adalah tanda dalam kertas (misalnya pada manuskrip, uang kertas) yang hanya tampak samar-samar kena sinar. Padanan kata watermark yang sudah di-indonesiakan menjadi markah tirta yang di dalam KBBI V berarti tanda, gambar, logo, yang tersembunyi pada kertas dan dapat dilihat jika didekatkan ke cahaya. 
Dalam kamus Tesaurus markah berarti: n karakter, lambing, symbol, petunjuk, rambu-rambu, tanda, tirta: Skr air. Kalangan pemerhati dan peminat bahasa Indonesia padanan yang tepat untuk watermark ini adalah watermark = tanda air = markah tirta. Menurut KBBI V markah memiliki arti sendiri n tanda; merek; tanda pada tali penduga. Dan untuk tirta memiliki arti n Skt air. Jadi sudah dipastikan bahwa padanan kata yang tepat untuk watermark ini adalah markah tirta.

(oleh: Khitri Novita Larasati)

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login