images

okezone.com

Member Since 11/04/2017

Tulisan Lainnya

fitri putriyanti

cipatik
Member Since 11/04/2017

Kemana Lagu Anak-Anak?

Senin, 17 April 2017

Lagu merupakan bentuk dari sebuah ekspresi, atau curahan hati yang dibawakan penyanyi. Penikmatnya dari semua kalangan usia, mulai dari anak kecil,  remaja, hingga tua. Di Indonesia sendiri, sekarang lagu-lagu yang diliris untuk dari usia remaja hingga tua. Lagu yang disajikan pun bermacam macam, ada yang pop, R&B ,dangdut,  jaz, dan lain sebagainya. akan tetapi biasanya lagu yang paling banyak di dengarkan, yaitu lagu yang dekat dengan masyarakat, contohnya di Indonesia yaitu lagu dangdut. Dimana belakangan ini, musik dangdut menjadi incaran masyarakat Indonesia. dengan lirik-lirik yang ada terkadang nyeleneh dan music nya pun mudah di ingat oleh masyarakat. Sehingga tidak jarang anak kecil menyanyikan lagu yang tidak sesuai dengan usianya tersebut. Kadangkalanya lagu untuk anak-anak sekarang mulai terabaikan, setelah maraknya lagu malu sama kucing, meong meong yang di nyanyikan oleh romaria. Yang kini mulai meredam, karena munculnya lagu-lagu hits Indonesia yang sasaran pendengarnya adalah remaja sampai dewasa.

Ternyata faktanya anak kecil menyanyikan lagu-lagu yang sering di putarkan oleh kedua orangtua nya atau orang-orang disekelilingnnya, dengan demikian lagu yang sering di putar, akan dengan mudah anak kecil tersebut nyanyikan, bahkan anak-anak kecil belum tahu menahu tentang lirik lagu yang mereka dengar. Penomena ini dapat dilihat disuatu daerah yang jauh dengan masyarakat perkotaan, yang sebagian diantaranya mulai krisis dengan lagu anak-anak. Di pedaerahan lagu-lagu orang dewasa termasuk lagu dangdut, menjadi hal yang lumrah untuk anak kecil nyanyikan, bahkan ada pula pada saat acara ulang tahunan anak-anak, mengundang artis dangdut yang kurang sopan dalam berpakaian, untuk menyanyikan lagu dangdut untuk menghibur undangan yang hadir yang menghadiri acara ulang tahun tersebut. Tidak sedikit pula anak kecil yang menghadiri acara ulang tahun tersebut, ikut menyanyikan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan umur mereka, sehingga kurang pantas untuk di dengar.

            Dengan peristiwa tersebut, maka orang tua selaku pendidik yang paling dasar haruslah dapat memilah-milih lagu-lagu yang pantas untuk para anak-anak dan krisis pada lagu anak sekarang. Sehingga mereka bernyanyi sesuai dengan usianya, mulai dari music yang dibawakan, dan isi dari lirik lagu yang dinyanyikan.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login
  • Longan

    Longan

    20 June 2017 at 08:26:AM

    Salam, perkongsian yang menarik tentang pendedahan lagu kepada anak2 kecil. sudah menjadi kbiasan bila kita mendedangkan lagu anak atas tujuan untuk berhentikan anak dari menangis, atau supaya anak2 tidak bermain kepada permainan lain. tujuan lagu dimainkan pada anak2 adalah untuk tujuan pembelajran kepada anak2. kajian banyak menunjukkan kesan pada anak-anak apabila diperdendangkan lagu. masalah utama apabila ibu bapa yang mengambil tidak serius tentang hal ini, bila mana ibu bapa memperdengarkan lagu yang liriknya tidak enak, tidak mesra anak-anak, ada unsur2 yang tidakh baik, ini akan memberi kesan pada pembelajaran anak2. =) lirik-lirik dan melodi yang baik haruslah menjadi keutamakan dalam lagu untuk diperdengarkan pada anak-anak. =)