images

okezone.com

Member Since 15/07/2017

Tulisan Lainnya

Ani

Member Since 15/07/2017

Inovasi Mahasiswa Universitas Brawijaya dalam Pemanfaatan Teknologi Ultrasonik Mengasilkan Bubuk Pewarna Biru Alami BLUE CT dari Bunga Telang

Sabtu, 15 Juli 2017

Makanan akan terlihat menarik apabila memiliki warna yang menarik pula. Makanan dengan warna yang cerah dan bertahan lama akan menarik perhatian konsumen. Hal inilah yang diinginkan oleh produsen makanan. Bahan makanan yang telah mengalami pengolahan umumnya akan kehilangan warna alami dari bahan tersebut, sehingga akan kurang menarik bagi konsumen. Oleh karena itu, para produsen menambahkan bahan pewarna pada makanan untuk memperkuat warna dari makanan tersebut. Bahkan, tidak jarang para produsen makanan menggunakan pewarna sintetik untuk mendapatkan warna yang kuat dengan sedikit menambahkan bahan pewarna, warnanya lebih stabil dan bertahan lama dibandingkan dengan pewarna alami. Namun, pewarna sintetik dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh, salah satunya adalah kanker.

Keadaan inilah yang melatarbelakangi dibuatnya BLUE CT. BLUE CT merupakan karya dari mahasiswa Universitas Brawijaya yang terdiri dari Gabriella Maharani Simamora, Muhammad Fitri Aji, Ikhtiar Eka Prasetyani, dan Dhia Arista Putri. BLUE CT merupakan pewarna biru alami yang terbuat dari ekstrak bunga Telang yang tinggi akan antioksidan. Antioksidan ini akan berperan penting dalam membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, termasuk sel-sel kanker. Selain itu, BLUE CT memanfaatan teknologi ultrasonik dalam pembuatannya di mana melalui teknologi ini dapat meminimalisir penggunaan pelarut, proses yang digunakan lebih cepat dan murah, dan juga memberikan hasil dengan warna yang lebih stabil.

Pewarna BLUE CT ini merupakan inovasi bubuk pewarna biru alami di mana bubuk pewarna ini bebas dari bahan-bahan kimia seperti pengawet. Selain itu, kandungan antioksidan dari BLUE CT ini akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Bubuk pewarna BLUE CT ini dapat diaplikasikan pada berbagai produk pangan seperti jelly, cream kue, maupun ice cream. Kami berharap, melalui inovasi bubuk pewarna BLUE CT ini dapat meminimalisir penggunaan pewarna sintetik pada makanan yang berbahaya untuk kesehatan, kata Dhia, salah satu anggota tim BLUE CT.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login