images

okezone.com

Dinda Adios

Member Since 28/12/2017

Berkunjung ke Jogja, Sempatkan Berziarah Mengunjungi Makam Para Raja, Kota Gede

Kamis, 28 2017

Buat kalian yang berencana untuk menghabiskan waktu di Jogja, kalian jangan lupa untuk menyempatkan diri berwisata ziarah dengan mengunjungi makam raja mataram Kotagede Yogyakarta. Di sini tempatnya raja Mataram Islam pertama di makamkan yaitu Panembahan Senopati dan beserta keluarganya. (Buat kalian yang gatau, bisa di googling sedikit sejarahnya gimana ya)

Memasuki daerah ziarah,di sebelah selatan terdapat Masjid Besar Mataram yang menuju ke dalam kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Arsitektur kompleks makam ini memang berciri arsitektur budaya Hindu.

Di tiap gapura memiliki pintu kayu yang tebal dengan ukiran yang indah dan dijaga oleh sejumlah abdi dalem berbusana adat Jawa. Ada 3 gapura yang harus dilewati sebelum masuk ke bangunan makam. Ada hal yang unik ketika kita mau masuk ke daerah makam yaitu kita diwajibkan menggunakan busana adat jawa layaknya abdi dalem kerajaan Jawa kuno.
Untuk pria memakai baju adat bernama peranakan, secara umum warna baju peranakan adalah biru gelap. 
Sedangkan untuk perempuan, busana yang dikenakan menggunakan ubet-ubet/semekan yang oleh umum disebut kemben, dan meskipun kita memakai jilbab, kita diwajibkan melepas jilbab dan memakai kemben.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login