images

okezone.com

Member Since 05/01/2018

Tags

Tulisan Lainnya

Yashinta Wiyana

Member Since 05/01/2018

Serunya berlibur di kota tahu alias Sumedang

Jum'at, 5 Januari 2018

 Sumedang adalah sebuah kota kecil yang berada di Jawa Barat. Pada kesempatan akhir tahun 2017 ini saya memutuskan untuk berlibur di kota sumedang bersama keluarga.

Kota ini memiliki julukan kota tahu. Karena oleh-oleh khas dari kota ini yaitu tahu sumedang. 
Tempat membeli tahu yang menurut saya recomended yaitu ada di tahu bungkeng, H. Ateng, Sari rasa, Palasari dll. Di sepanjang jalan perkotaan sangat mudah menemukan pedagang tahu sumedang ini. Menurut saya cita rasa tahu sumedang ini begitu renyah dan lembut di dalamnya. Sehingga sangat pas dinikmati dengan cabai rawit ataupun sambal tahu yang sudah disediakan oleh pedagang.
Ketika saya memutuskan berlibur di sini, saya memutuskan untuk menginap di rumah kakak kedua saya yang berada di daerah Bojong, Padasuka Sumedang.
Selain menghemat budget juga sekalian saya bersilaturahmi dengan kakak beserta keponakan-keponakan saya yang masih dibilang anak-anak.
Selama 1 minggu di Sumedang saya sangat menikmata liburan saya.
Kebetulan rumah kakak saya memiliki halamana depan dan belakang yang bisa dibilang cukup luas.
Dibagian depan jarak antara halaman dan jalan raya sangat berdekatan. Tedapat taman dan bebatuan kerikil seperti kembali ke jaman megalitikum. Dan di halaman belakang terdapat banyak pohon pisang, bonsai dan nangka. Ada juga aliran sungai di bagian belakang pinggir halaman. Dan ditambah pula terdapat lapangan tanah kecil untuk sekedar bermain bersama keponakan-keponakan kecil saya.
Kemudian di sepanjang jalan menuju rumah kakak saya terdapat hamparan sawah hijau yang luas, terdapat juga beberapa mata air disekitaran sawah dengan dilatarbelakangi gunung palasari.
Cukup membuat otak saya segar sejenak dengan rutinitas dan hiruk pikuk perkotaan.
     Selama saya berada di kota kecil Sumedang ini. saya mengunjungi beberapa tempat bersejarah maupun tempat wisata yang berada di kota Sumedang. Diantaranya saya mengunjungi :
  1. Museum Prabu geuseun ulun. Disini terdapat peninggalan kerajaan Sumedang larang beserta benda-benda pusaka di dalamnya. wisata yang sangat edukatif dan wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Sumedang.
  2. Alun-alun Sumedang. Terdapat Lingga yaitu tempat peninggalan benda-benda pusaka jaman belanda. Di sekitaran alun-alun terdapat juga mesjid agung yang terkenal disana. Apabila lelah dan ingin berkuliner di sekitaran alun-alun terdapat banyak pedagang makanan dan minuman yang siap memanjakan perut kita ketika lelah berjalan-jalan.
  3. Gunung kunci. Disini terdapat bekas benteng pertahanan ketika jaman penjajahan Belanda.
  4. Makam Cut nyak dien. Salah satu pahlawan perempuan asal kota Aceh yaitu Cut nyak dien dimakamkan di kota Sumedang ini, terdapat pula makam Raja-raja Sumedang yang terletak di Gunung puyuh Sumedang. Selain itu terdapat juga makam-makam peninggalan leluhur Sumedang. Diantaranya Prabu Gajah Putih, yang makamnya terendam bendungan Jati gede. Dan masih banyak pula makam-makam lainnya yang bersifat sakral.
  5. Kampung toga. Disini terdapat wisata air yaitu kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Terdapat pula waterboom untuk bermain seluncuran air. Jangan lupa bila ke sini foto-foto sekedar berselfie ria ataupun berfoto bersama keluarga, teman-teman, maupun orang-orang tercinta. Karena view nya sangat memanjakan mata.
     Begitulah cerita perjalanan liburan akhir tahun 2017 saya selama 1 minggu. Dan ketika kembali menghadapi rutinitas dan hiruk pikuk kota Bandung setidaknya pikiran saya sudah lebih segar untuk memulai hari dan memupuk semangat baru di tahun 2018 ini.


Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login